Gelar Proyek Kewirausahaan dengan Membuat Telur Asin. SD Luqman Al-Hakim Surabaya kembali menghadirkan inovasi pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan “Telur Ajaib Kaya Rasa”. Program ini merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam bidang kewirausahaan. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa kelas 2, yang berjumlah 95 siswa, dengan harapan mereka dapat memahami konsep pengolahan pangan, ketahanan pangan, dan pengaplikasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Belajar Pengolahan Pangan Melalui Pembuatan Telur Asin
Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki nilai gizi tinggi dan menjadi bahan pangan utama masyarakat Indonesia. Namun, telur memiliki kelemahan karena sifatnya yang mudah rusak. Oleh karena itu, diperlukan metode pengawetan untuk memperpanjang masa simpannya. Salah satu cara yang telah dikenal luas adalah dengan membuat telur asin.
Dalam proyek ini, siswa diajak memahami proses pengawetan telur dengan metode tradisional menggunakan garam, abu gosok, dan batu bata merah. Proses pembelajaran dimulai sejak Januari 2024, dengan kegiatan awal pembuatan alat, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan telur asin pada Selasa, 18 Februari 2024 kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan di area playground sekolah dengan bimbingan dari para guru.
Baca juga: Gebyar Kreativitas Siswa 2025 Menjadi Generasi Kreatif Peduli dan Menginspirasi
Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar teori mengenai manfaat pengawetan bahan pangan, tetapi juga terlibat langsung dalam setiap tahap pembuatannya. Mereka belajar memilih bahan yang tepat, melakukan perendaman telur dalam adonan khusus, serta memahami perubahan yang terjadi selama proses pengawetan.
Untuk mendukung kegiatan ini, sekolah menyediakan berbagai bahan yang diperlukan, 60 kg batu bata merah, 30 kg abu gosok, 60 kg garam, serta peralatan tambahan seperti amplas dan stiker. Sedangkan siswa tinggal menyiapkan telur bebek dari rumah. Semua bahan ini digunakan agar setiap siswa mendapatkan pengalaman nyata dalam membuat telur asin.
Selain itu, proyek ini juga mengajarkan siswa bekerja sama dalam kelompok, berbagi tugas, dan menyelesaikan setiap tantangan yang ada. Kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran karakter, di mana siswa diajarkan tentang pentingnya gotong royong, kedisiplinan, serta tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas mereka.

Gelar Proyek Kewirausahaan dengan Membuat Telusr Asin
Hasil Proyek dan Evaluasi Pembelajaran
Setelah melalui proses pengawetan selama beberapa minggu, hasil dari proyek ini dievaluasi berdasarkan beberapa indikator. Siswa dinilai dari keberhasilan dalam mengumpulkan peralatan, ketepatan dalam mengikuti prosedur, serta kualitas akhir dari telur asin yang mereka buat.
Aspek yang dinilai meliputi tekstur, rasa, dan aroma telur asin yang dihasilkan. Siswa yang berhasil membuat telur asin dengan rasa dan tekstur yang sesuai diberikan apresiasi sebagai bentuk motivasi. Selain itu, mereka juga diajak untuk berdiskusi mengenai pengalaman mereka selama proses pembuatan, tantangan yang dihadapi, serta solusi yang mereka temukan.
Baca juga: SD Luqman Al Hakim Gelar Program CARE untuk Bentuk Generasi Bertanggung Jawab
Selain aspek keterampilan, proyek ini juga menilai bagaimana siswa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian mereka. Salah satu nilai yang ditekankan adalah gotong royong, di mana siswa diajarkan untuk saling membantu dalam setiap tahap pembuatan. Nilai lainnya adalah mandiri dan tanggung jawab, yang terlihat dalam bagaimana mereka menyelesaikan tugas tanpa bergantung pada orang lain.
Dalam sesi refleksi, beberapa siswa mengungkapkan bahwa mereka sangat menikmati kegiatan ini karena bisa belajar sambil praktik langsung. Mereka merasa bangga bisa membuat telur asin sendiri dan memahami bagaimana cara menjaga ketahanan pangan dengan cara yang sederhana. Selain itu, kegiatan ini juga membuat mereka lebih menghargai makanan dan usaha yang dilakukan dalam proses produksinya.
Sebagai sekolah yang berkomitmen membentuk akhlaqul karimah dan karakter siswa yang unggul, SD Luqman Al-Hakim Surabaya terus menghadirkan program edukatif yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pembelajaran berbasis pengalaman. Dengan adanya proyek ini, diharapkan siswa semakin memahami pentingnya inovasi dalam bidang pangan. Serta memiliki keterampilan dasar yang dapat berguna di masa depan.