Diklat SAR Hidayatullah Kaltara Bentuk Rescuer Cakap Bencana

Posted on: 20 November 2021

Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Search and Rescue (SAR) Hidayatullah yang dilaksanakan di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Karungan, Mamburungan Timur, pada Rabu, 12 Rabiul Akhir 1443 (17/11/2021).



Kegiatan diklat SAR ini diselenggarakan oleh SAR Hidayatullah Kalimantan Utara dengan tujuan untuk membentuk personil SAR Hidayatullah Kalimantan Utara yang profesional, berdedikasi tinggi, dan berkomitmen untuk untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan pertolongan kebencanaan.


Terselenggaranya kegiatan ini disambut baik oleh Walikota mengingat kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat. Ia berharap agar pelatihan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dikembangkan dalam skala yang lebih luas lagi. Tak lupa, ia berpesan kepada panitia dan semua pihak yang terlibat untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik selama kegiatan maupun di keseharian.


Baca juga: BMH Salurkan Bantuan Koban Banjir Palangkaraya dan Malang


Bersinergi dengan Pemuda Hidayatullah, kegiatan diklat SAR yang rencananya berlangsung selama 10 hari ini digelar di beberapa titik diantaranya di Pantai Amal. Salah satu Panitia Diklat SAR Hidayatullah Kaltara, Ahmad Munzhif, mengatakan tujuan diklat SAR ini diantaranya untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan dasar SAR kepada Pemuda Hidayatullah dan segenap pengurus Hidayatullah yang memiliki potensi rescuer.


Diharapkan dari diklat ini, dapat membentuk tenaga rescuer yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan mental dibidang teknik pencarian dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar. Selain itu, juga diharapkan membekali agar mampu melakukan teknik pertolongan di air tingkat dasar, mampu melakukan kegiatan rappeling dan water free jump, dan memiliki sikap mental yang layak sebagai tenaga rescue yang siap membantu siapapun dan dimanapun tanpa memandang suku, ras, dan agama.



Dukungan dari Baitul Maal Hidayatullah Kaltara


Laznas BMH Perwakilan Kalimantan Utara kembali hadirkan kebaikan dalam bentuk dukungan terhadap upgrading relawan kemanusiaan berupa Diklat SAR yang dikoordinir oleh SAR Hidayatullah. Kegiatan diklat SAR berlangsung mulai 17-23 November 2021 di Kota Tarakan, tepatnya di Kampus Hidayatullah Kelurahan Gunung Lingkas dan Kelurahan Mamburungan Timur Kecamatan Tarakan Timur.


Diikuti oleh 45 peserta berasal dari 5 kabupaten/kota se Kalimantan Utara. “Hal ini guna menyiapkan tenaga relawan kemanusiaan yang siap terjun apabila situasi membutuhkan. Dan langkah ini penting untuk meningkatkan kapasitas relawan, sehingga dalam peran dan kiprahnya dapat memberikan layanan terbaik dan sigap,” terang Kepala BMH Perwakilan Kalimantan Utara, Fathur Rahmansyah.


Baca juga: Mushida Gelar Talkshow dan Temu Virtual Kader Keputrian


Hadir dalam kesempatan itu membuka acara secara resmi, Walikota Tarakan dr. Khairul Effendi. Ia mengatakan bahwa Kalimantan Utara termasuk salah satu kawasan yang rawan bencana baik di darat maupun di laut atau perairan. “Oleh karena itu dukungan BMH dan Hidayatullah untuk hal ini sangatlah luar biasa,” tegasnya.


Lebih jauh, Walikota menyampaikan apresiasinya terhadap Hidayatullah yang dalam dakwah ternyata bukan hanya dalam soal keagamaan. “Alhamdulillah begitu luar biasa, kiprah Hidayatullah sejauh ini, tidak hanya fokus dibidang dakwah dan pendidikan atau keagamaan, tetapi juga hadir dalam program sosial kemanusiaan melalui BMH-nya dan SAR-nya yang selalu hadir dalam setiap panggilan kemanusiaan karena bencana alam di negeri ini. Selamat dan sukses semoga kegiatan ini diberikan keberkahan oleh Allah Ta’ala,” ungkapnya.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5209300 Visitor
Hits :6678187 hits
Month :2816 Users
Today : 138 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi