Sahabat Adalah Cermin

Posted on: 11 November 2021

Siapa sahabat kita hari ini? Siapa sahabat istri kita? Siapa sahabat anak kita? Ini pertanyaan penting untuk dijawab. Sebab sahabat adalah warna dari kehidupan kita. Yang mewarnai lika-liku perjalanan hidup.



Sahabat itu menjadi penentu agama kita. Sebagaimana Rasulullah bersabda, ” Seseorang tergantung agama sahabatnya”. Sahabat sangat berpengaruh dan mempengaruhi. Jika dia baik maka kebaikannya akan menular. Sebaliknya jika sahabat yang berperilaku buruk.


Narkoba sebenarnya tidak enak tapi sahabat yang mempengaruhi menjadi enak. Demikian juga rokok bukan masalah nikmatnya tapi sahabat yang menjadikan nikmat. Fashion atau berpakaian tak pantaspun bisa menjadi trend karena pengaruh sahabat.


Siapa sahabat kita?


Allah memberikan isyarat untuk bersahabat dengan orang-orang yang senantiasa menyeru kebaikan pagi dan sore. Sebagaimana dalam al Quran surat al kahfi ayat 28.


“Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.”


Baca juga: Terbelenggu Masa Lalu


Allah mewanti-wanti Nabi untuk terus bersama mereka meski bukan orang-orang kaya, namun mereka itu rajin beribadah pada Allah pagi dan sore. Meskipun mereka bukan pejabat tapi menjaga ketaatan kepada Allah.


Nabi dilarang oleh Allah mengabaikan mereka, dan mengejar duniawi semata sebagaimana orang-orang musyrik. Mereka itu hanya mementingkan kepentingan yang zahir saja, tanpa mengutamakan kebersihan jiwa.


Sahabat yang baik senantiasa mengingatkan dalam kebaikan. Senantiasa beribadah pagi dan malam. Sahabat adalah cermin bagi sahabat yang lain. Cermin itu akan memantulkan apa adanya, cermin tidak pernah berbohong.


Baca juga: Amal Terbaik Manusia


Sehingga penting memiliki sahabat yang baik. Karena mereka akan menjadi cermin kita. Sahabat adalah orang yang senantiasa mengingatkan saat kita salah dan memotivasi dalam kebaikan. Imam syafii mengingatkan kita bahwa jika mendapatkan sahabat yang baik maka peganglah erat-erat. Sebab sahabat yang baik itu sulit didapatkan.


Demikian juga sahabat istri dan anak menjaga sangat penting untuk kebaikan keluarga. Karena sahabat sangat berpengaruh membentuk karakter dan kepribadian istri dan anak.


Oleh: Ust Abdul Ghofar Hadi - Wakil Sekretaris Jenderal I DPP Hidayatullah

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5209304 Visitor
Hits :6678197 hits
Month :2816 Users
Today : 137 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi