STAIL Surabaya Cetak Mahasiswa Kader Leader Profesional

Posted on: 9 October 2021

Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim(STAIL) Surabaya merupakan salah satu unit pendidikan di bawah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. Memiliki 4 jurusan pendidikan yakni Komunikasi dakwah, tarbiyah, ekonomi syariah dan PGMI. Dalam proses pendidikannya, mahasiswa dibentuk menjadi kader Islam yang leader dan profesional di bidangnya masing-masing.



LDK STAIL Surabaya Selenggarakan Forum Ruang Diskusi


Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STAIL Surabaya, menyelenggarakan pembukaan program ‘Ruang Diskusi,’ yang notabene forum adu argumen seluruh anggota LDK STAIL. Kegiatan perdana pasca ‘diliburkan’ akibat wabah Corona ini, berlangsung pada hari sabtu pada tanggal 25 September 2021, di Aula Rahmad Rahman Ponpes Hidayatulah, Surabaya, dengan mengangkat tema “Pentingnya Literasi bagi Mahasiswa”.


Dalam sambutannya, Andika, ketua LDK STAIL, menegaskan kepada oara peserta diskusi, bahwa sangat penting bagi mahasiswa menghidupkan forum-forum diskusi. Tujuannya agar eksistensi dan keaktifan mahasiswa dalam dunia intelektualitas terus terasah. Adapun diangkatnya tema utama tentang ‘Mahasiswa dan Literasi’, sambung pemuda asal Bengkulu ini, karena menimbang keduanya ibarat dua mata uang. Saling memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain. Kedua selalu bersinggungan dalam dunia akademik.


Baca juga: BMH Dukung Pembangunan Sarana dan Prasarana Ibadah


“Literasi adalah nilai yang sangat berharga bagi jalan kehidupan mahasiswa. Dengan membuka ruang literasi berarti membuka pula pintu-pintu cakrawala pengetahuan. Sebaliknya, jika pintu-pintu literasi itu tertutup, maka akan redup pula ruang-ruang pengetahuan bagi mahasiswa itu sendiri. Dan pada akhirnya akan menimbulkan problematika yang besar bagi dunia mahasiwa,” ulasnya.


Dalam forum diskusi ini, hadir sebagai pembicara utama; ketua HMJ MPI, bang Syaiful Abdullah Lewar, Ketua HMJ KPI, Bang Radilan Syauqi, dan ketua BEM STAIL, Bang Fadli. Mahasiswa asal bontang itu juga mengharapkan bagi setiap UKM kampus untuk memasifkan kegiatan-kegiatan mahasiwa agar mampu memberikan warna yang akan meningkatkan produktivitas mahasiwa STAIL,khususnya di bidang intelektualitas.


Dalam edisi perdana ini, yang menjadi titik perhatian adalah mengumpulkan beberbagai perspektif dari masing-masing pembicara tentang hal-hal yang relevan tentang tema yang diangkat kemudian dihimpun menjadi kesimpulan dan solusi. Harapannya dapat menajamkan kemampuan dunia literasi bagi kalangan mahasiswa STAIL.



HMJ KPI STAIL Selenggarakan Malam Ta’aruf


“Tak kenal maka tak sayang,” demikian ucap Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) 2021, Bang Syauqi, mengutip sebuah ungkapan pujangga, ketika mengawali sambutannya, pada acara ‘Malam Ta’aruf’ bagi seluruh pengurus HMJ dan seluruh mahasiswa KPI, belum lama ini. Dalam pertemuan itu, Syauqi berharap dengan diselenggarakannya ‘Malam Ta’aruf’ hubungan antar mahasiswa HMJ KPI semakin erat dan mampu menjadi wadah yang dapat meningkatkan prestasi.


Acara yang mengangkat tema “Temu Akrab Membentuk Solidaritas dan Kerukunan antar Mahasiswa KPI,” disambut hangat seluruh peserta. Rian, mahasiswa KPI semester tiga, misalnya, mengungkapkan perasaannya; “Saya pribadi sangat bersemangat untuk menghadiri kegiatan ini, walapun kami tidak memiliki transportasi untuk menghadiri acara ini baik motor maupun mobil. Akhirnya, ada inisiatif dari teman-teman untuk iuran bayar ongkos grab untuk ke sini. Alhamdulillah kita bisa hadir disini,” ucap pria asal Bengkulu itu, mengisahkan perjuangnnya dengan teman-teman dalam menghadiri acara.


Baca juga: SAR Hidayatullah Gelar Webinar dan Menjadi Mitra Basarnas


Yang terasa lebih spesial dari pertemuan itu, dengan hadirnya demisioner HMJ KPI 2019, Bang Iqbal. Dalam sesi bincang santai tersebut, bang Iqbal menyampaikan apresiasinya terhadap pengurus HMJ KPI yang telah mengadakan pertemuan antar sesama mahasiswa HMJ KPI secara offline.


“luar biasa terhadap apa yang dilakukan oleh pengurus sekarang ya, karena tidak mudah untuk mengadakan kegiatan secara offline dalam kondisi Corona seperti ini,” kata pria yang pernah juara 3 di Indonesia International Motor Show Video Competition tahun 2019 lalu.


Selain itu, bang Iqbal juga sharing tentang pengalamannya selama menjadi mahasiswa KPI dan memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa HMJ KPI STAIL. Penting untuk seluruh mahasiswa KPI untuk menekatkan diri menjadi pribadi berkualitas, supaya bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada orang lain” pungkasnya.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5189109 Visitor
Hits :6634655 hits
Month :2850 Users
Today : 98 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi