Ketum Hidayatullah, Bidang Kesehatan Harus Jadi Perhatian Serius

Posted on: 8 July 2020


Bidang kesehatan termasuk kedokteran harus menjadi perhatian serius umat Islam khususnya di Indonesia. Sebab, hal ini menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Dr Nashirul Haq, merupakan hal penting dalam Islam.


Sayangnya, alumnus Universitas Islam Madinah (UIM) ini mengutip pernyataan Imam Syafi’i yang menyebut bahwa kalangan Ahlul Kitab, dari Yahudi dan Nasrani, sudah mengalahkan kaum Muslimin dalam bidang kedokteran.


“Padahal ini masuk kategori fardhu kifayah,” ujarnya, bahwa kalau tidak ada yang mengambil perhatian serius, maka semua berdosa.


Nashirul mengatakan, Imam Syafi’i telah ingatkan bahwa janganlah menghuni suatu tempat yang diketahui di sana tidak ada seorang alim yang mengajarkan agama dan diketahui di sana tidak ada dokter yang mengurus kesehatan.


Nashirul mengatakan bahwa sebagaimana diketahui, banyak rumah sakit swasta tertentu yang selain kepentingan bisnis, juga punya kepentingan misi tertentu. “Misinya itu pemurtadan,” ujarnya saat pada acara Soft Opening Klinik Layanan Kesehatan Islam Cabang Condet di Jl Raya Condet, Nomor 103, Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (06/07/2020).’



Maka, sambungnya, dalam bergerak di bidang kesehatan, termasuk lewat rumah sakit, misi umat Islam adalah dakwah.


“Alhamdulillah sudah banyak RS Islam yang memberikan perhatian dalam hal ini,” ujarnya.


Menyinggung Klinik Pelayanan Kesehatan Islam di Condet itu, Nashirul mengingatkan bahwa kehadirannya bukan untuk ikut-ikutan. Meskipun memang katanya ada efek bisnisnya, tapi yang paling penting adalah efek depannya, “Yaitu ibadah dan dakwah,” imbuhnya.


“Ini adalah layanan kesehatan jasmani dan rohani,” tambahnya juga.


Maksudnya, jelas Nashirul, dalam pelayanan kesehatan di klinik atau RS milik umat Islam, tidak hanya fokus dalam hal kesehatan secara medis, tapi juga secara spiritual.



Di sinilah katanya menjadi tantangan bagi ormas Islam dan kaum Muslimin secara khusus, tak cuma Hidayatullah. Bahwa diakui salah satu yang menjadi kendala yaitu terkait sumber daya.


“Semoga Allah berikan kemudahan untuk mengelola dan mengembangkan,” ujarnya berharap pada acara yang digelar Islamic Medical Service (IMS) tersebut.*SKR/hidayatullah.com


 

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6044724 Visitor
Hits :8313328 hits
Month :6525 Users
Today : 516 Users
Online : 14 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?