Peringati HSN 2021 Arrohmah Malang Gelar Apel dan Lomba

Posted on: 27 October 2021

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021, SMP-SMA Ar-Rohmah Putri International Islamic Boarding School (IIBS) Pesantren Hidayatullah Malang menggelar apel Hari Santri, Jum’at (22/10) lalu.



Mengusung tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”, apel peringatan hari santri itu diikuti ribuan santri, segenap dewan guru dan karyawan. Bertindak sebagai inspektur upacara Drs. H. Abdul Malik, pengurus MUI Kabupaten Malang. Dalam amanatnya, Ustadz Malik demikian akrab dipanggil, menyampaikan pentingnya mengenang sejarah santri dan perjuangannya dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Menurutnya, santri memiliki peranan penting dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bermula dari resolusi jihad yang dideklarasikan oleh KH Hasyim Asy’ari, seluruh santri dan umat Islam bahu-membahu mengusir Belanda dan antek-anteknya. Meski harus dengan mengorban jiwa dan raganya.


Baca juga: Kemenag Apresiasi Kiprah Kinerja Baitul Maal Hidayatullah


Karena itu, Ustadz Malik mengajak kepada seluruh santri untuk bersungguh-sungguh mengisi kemerdekaan ini dengan prestasi dan karya. Dan untuk menghadapi tantangan zaman yang sangat kompleks ini, tidak lain solusinya adalah tetap berpegang pada Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW. Bertempat di lapangan Al-Hambra, gelaran rutin yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB. sampai pukul 08.30 WIB. tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.



Semarak Lomba Peringati hari santri 2021


Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dilakukan SMP-SMA Ar-Rohmah Putri International Islamic Boarding School (IIBS) Pesantren Hidayatullah Malang dengan menggelar beragam kegiatan. Mengusung tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”, rangkaian semarak hari santri itu diawali dengan pelaksanaan upacara pada pukul 07.00 pagi.


Usai apel pagi, kegiatan semarak hari santri dilanjutkan dengan Musabaqotul Imarotil Islamiyah. Cerdas cermat tentang wawasan keislaman itu diikuti seluruh santri dari marhalah I hingga VI. Perlombaan yang materinya diajarkan sehari-hari di Madrasah Diniyah itu dimulai dengan babak penyisihan, semi final dan final. Dan bagi pemenang mendapatkan trofi, sertifikat dan bingkisan.


Baca juga: Muslimat Hidayatullah Terus Bersinergi Kuatkan Jati Diri


Lailatul Jahro selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengemukakan, selain mengenang sejarah perjuangan santri, Hari Santri kali ini juga dijadikan momen untuk mempererat ukhuwah dan mengasah potensi santri.


Tidak hanya dengan kompetisi antar santri, lanjut Ustadzah Laila sapaan akrabnya, semarak hari santri juga dimeriahkan dengan kajian motivasi yang diikuti seluruh santri. Hadir sebagai pemateri dalam akhir rangkaian semarak hari santri itu, Ustadz Muzzayin Abdullah, pengajar Ar-Rohmah Tahfizh dan juga hafizh Qur’an.


Dalam materinya ia menyampaikan pentingnya hidup yang dinamis. Tidak pasif dan diam, selalu bergerak dalam kebaikan dan kebenaran. Menurutnya, pergerakan hidup yang diniati untuk ketaatan akan melahirkan keberkahan.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5209308 Visitor
Hits :6678230 hits
Month :2816 Users
Today : 137 Users
Online : 4 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi