SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
Awali Tahun Ajaran Baru SD Luqman Al Hakim Surabaya Gelar Pelatihan Dasar Pandu
2019-07-14 - by : admin

Surabaya (panduhidayatullah.com) – Di awal tahun ajaran baru 2019/2020, SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya mengadakan Pelatihan Dasar Pandu Hidayatullah, Kamis 11/07/2019. Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman dasar kepanduan kepada seluruh guru dan karyawan.


 



 


Kegiatan pelatihan dasar Pandu Hidayatullah ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya. Hal itu dimaksudkan agar seluruh guru dan karyawan paham terkait dengan Gerakan Pandu Hidayatullah. Dimana Gerakan Pandu Hidayatullah merupakan wadah pengkaderan siswa siswi diseluruh lembaga pendidikan milik Hidayatullah.


 


Pelatihan yang berlangsung 1 hari ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi out door dan in door. Pada sesi pertama kegiatan dilakukan di out door. Kegiatan our door ini dimulai dengan apel pagi di play ground SD Luqman al Hakim Surabaya. Selanjutnya dilanjutkan dengan game,  yel yel dan senam Pandu. Adapun sesi yang kedua yaitu in door, pada sesi in door ini disampaikan materi materi dasar dan pengenalan Gerakan Pandu Hidayatullah.


 


Ustadzah Kunainah, S.Pd.I, selaku ketua panitia pelatihan ini merasa sangat senang dan berterimakasih kepada pengurus Pandu Hidayatullah Jawa Timur yang sudah bersedia mengisi pelatihan ini. Dirinya menegaskan pentingnya pengetahuan dan pemahaman kepanduan yang harus di miliki oleh setiap unsur yang ada di lingkungan sekolah. Hal itu dikarenakan agar semua elemen di lingkungan sekolah paham tentang Pandu Hidayatullah. Sehingga bila ada kegiatan ataupun acara kepandauan mereka bisa terlibat semua untuk mendampingi.


 


Kami sangat senang dan berterimakasih kepada team Pandu Hidayatullah Jawa timur yang telah mengisi dan mensuskeskan acara ini. Alhamdulillah dengan diadakannya acara pelatihan dasar Pandu ini, seluruh guru dan karyawan bisa mengerti dan paham terkait Pandu Hidayatullah. Sehingga jika ada kegiatan kegiatan kepanduan di sekolah, mereka semua bisa dilibatkan secara aktif” ujarnya.


 


Rohishul Wahib, SE salah satu pemateri yang didatangkan khusus dalam pelatihan ini, selain menyampaikan materi kepanduan dirinya menegaskan bahwa posisi Pandu ini bukan kegiatan ekstra. Lebih dari itu Gerakan Pandu Hidayatullah adalah wadah dan ruh pengkaderan diseluruh satuan pendidikan yang dimiliki Hidayatullah mulai SD sampai SMA.


 


Gerakan Pandu Hidayatullah bukan kegiatan ekstra tetapi Pandu merupakan wadah dan ruh pengkaderan diseluruh satuan pendidikan yang dimiliki oleh Hidayatullah mulai SD sampai SMA” tegasnya.


 


Dalam pemaparannya, mantan panglima yang saat ini menjabat sebagai pengurus pusat Pandu Hidayatullah tersebut tidak hanya menyampaikan terkait materi dasar kepanduan. Lebih dari itu, sebagai salah satu konseptor, dirinya juga menyampaikan sejarah terbentuknya Gerakan Pandu Hidayatullah. Sehingga dari kegiatan pelatihan ini peserta mendapatkan pengetahuan tambahan yang jarang disampaikan oleh pemateri lainnya.


 


Sementara itu Alim Puspianto, M.Kom Ketua Pandu Hidayatullah Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Dasar Pandu Hidayatullah yang diadakan di SD Luqman Al Hakim Surabaya tersebut sejalan dengan program kerja Pimpinan Wilayah Pandu Hidayatullah Jawa Timur. Yaitu terkait standarisasi dan pemantapan kegiatan kepanduan di sekolah sekolah Hidayatullah se Jawa Timur.


 


Kegiatan ini sejalan dengan program  PW Pandu Jatim yaitu standarisasi Gerakan Pandu Hidayatullah di Jawa Timur. Memang seharusnya gurunya dulu di standarkan, jika gurunya sudah paham dan standar maka siswanyapun akan ikut standar” tuturnya. (Sang Pejuang)

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=622