SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
Lomba Karya Tulis Kader Muda Sambut Silatnas III Hidayatullah
2018-09-17 - by : admin

 



 


Pengurus Pusat Syabab (Pemuda) Hidayatullah dan didukung oleh Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menggelar lomba menulis ilmiah dalam rangka menyambut Silaturrahim Nasional III Hidayatullah bertema “45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat untuk Bangsa” yang akan digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 12-16 Rabiul Awall (20-25 November 2018).


 


Ketua Panitia Lomba Menulis Essay Ilmiah Hidayatullah, Imam Nawawi, mengatakan sebagai lembaga pergerakan, lembaga dakwah dan lembaga pendidikan, Hidayatullah sudah semestinya menjadikan forum sebesar itu sebagai wadah edukasi yang tepat bagi generasi muda, terutama dalam hal menjaring potensi kader yang memiliki kemampuan berpikir dalam bentuk tulisan.


 


“Sehingga ke depannya, kader-kader muda Hidayatullah semakin banyak yang terdorong untuk memiliki keahlian menulis, riset, dan publikasi, sehingga derap langkah Hidayatullah dari Sabang hingga Merauke dapat tersyiarkan secara cepat, tepat dan akurat,” kata Imam.


 


Sekretaris Jenderal PP Syabab Hidayatullah ini menambahkan, upaya ini tidak saja strategis dalam menjawab tantangan kini dan ke depan dengan kian maraknya narasi dan literasi secara online. Tetapi pada saat yang sama, upaya ini juga merupakan penajaman strategi dakwah, dimana Allahuyarham Ustadz Abdullah Said telah memberikan keteladanan luar biasa dalam hal dakwah bil qolam ini dengan mendirikan media umat bernama Majalah Hidayatullah.


 


“Dengan adanya lomba ini diharapkan ke depannya akan semakin banyak kader muda Hidayatullah yang terdorong menekuni dunia intelektualitas ini secara lebih serius, yang sesungguhnya ini juga dapat memicu dan memacu Perguruan Tinggi Hidayatullah melakukan upaya lebih sistematis dan fokus perihal bagaimana menjadikan para alumninya memiliki kesadaran sekaligus kemampuan berjihad dengan pena,” katanya.


 


Dalam pada itu, Imam mengatakan dengan diselenggarakannya lomba menulis essay kader muda ini diharapkan semakin terbangunnya kesadaran akan pentingnya dunia literasi dan narasi semakin massif di dalam diri para kader, dai dan jama’ah Hidayatullah, sehingga pelan namun pasti, jika ajang-ajang seperti ini bisa terus dihadirkan, lahirnya kader yang memiliki kemampuan menulis, riset dan berpikir akan semakin besar.


 


“Dimana, pada saat yang sama, juga akan mendorong kultur intelektual yang lebih baik di lembaga ini di tengah-tengah kian kuatnya kesadaran dan kultur spiritual,” ujar penulis buku Mindset Surga ini.


 


Adapaun waktu pelaksanaan lomba ini terangkai dalam proses sebagai berikut: sosialisasi 15–20 September 2018, pengiriman Naskah 1–30 Oktober 2018, pengujian dan penilain naskah 1–10 November, penentuan Naskah Terbaik 11–15, pengumuman Naskah Terbaik 24 November, dan Penyerahan reward kepada peserta 24 November 2018 yang bertepatan dengan helatan akbar Silatnas III Hidayatullah.


 


Sementara ketentuan peserta kegiatan lomba menulis essay ini adalah seluruh kader muda Hidayatullah usia 15 hingga 30 tahun dengan syarat peserta yang berhak mengikuti lomba ini adalah seluruh santri, simpatisan Hidayatullah yang berusia minimal 15 tahun dan maksimal 30 tahun pada Desember 2018. Peserta juga harus melampirkan kartu identitas KTA Hidayatullah, KTP, Kartu Pelajar atau lainnya.


 


Lomba ini tidak dipungut biaya. Peserta dalam perlombaan ini adalah individu tidak berkelompok, peserta lomba dibolehkan memilih tema yang selaras dengan tema Silatnas III Hidayatullah: “45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat untuk Bangsa”.


 


Bagi peserta yang dinayatakan juara dalam perlombaan karya tulis ilmiah ini akan mendapatkan hadiah dan surprise menarik dari panitia.


 


Ketentuan Lomba


Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan lomba menulis essay ini adalah seluruh kader muda Hidayatullah usia 15 hingga 30 tahun.


 


Ketentuan Peserta
Peserta yang berhak mengikuti lomba ini adalah seluruh santri, simpatisan Hidayatullah yang berusia minimal 15 tahun dan maksimal 30 tahun pada Desember 2018. Peserta melampirkan kartu identitas, KTP, Kartu Pelajar atau lainnya.


 


Ketentuan Umum


Pendaftaran tidak dipungut biaya
Peserta adalah individu tidak berkelompok
Peserta lomba dibolehkan memilih tema
Karya merupakan karya sendiri dan belum pernah diikutkan lomba atau dipublikasikan di manapun
Karya dibuat berdasarkan sistematika yang termaktub dalam ketentuan khusus
Karya tidak mengandung SARA (suku, agama, ras dan antar golongan).
Satu peserta hanya berhak mengirimkan satu karya
Mengisi formulir yang disedikana panitia


 


Kriteria Penilaian
– Kesesuaian dengan judul
– Ide atau gagasan
– Format penulisan
– Keaslian (orisinilitas)


 


Konsep Penilaian
1. Proses penyeleksian pemenang:
– Setelah seluruh peserta mengumpulkan karyanya maka tim juri akan memilih empat karya terbaik dan panitia mengumumkannya.
– Penulis keempat karya tersebut akan dipanggil ke Gunung Tembak untuk mempertanggungjawabkan karyanya di hadapan dewan juri.
– Dari hasil ini dewan juri akan mengumumkan siapa juara 1, 2, 3, dan 4 dari keempat makalah tersebut.


 


2. Tema karya adalah: Apa yang harus dilakukan Hidayatullah agar bisa maju dan bersaing di bidang ekonomi (1), pendidikan (2), dakwah (3), dan pengkaderan (4)? Peserta dipersilahkan memilih salah satu dari 4 pilihan di atas.


 


3. Karya-karya yang masuk menjadi milik panitia. Jika dimungkinkan, 20 karya terbaik akan dikumpulkan menjadi sebuah buku sebagai sumbangsih pemikiran kaum muda Hidayatullah untuk memajukan organisasi.


 


Penentuan Pemenang
Pemenang ditentukan oleh dewan juri yang ditetappkan oleh Panitia Silatnas Hidayatullah yang keputusannya bersifat final alias tidak bisa diganggu gugat.


 


Ketentuan Khusus
Format penulisan karya sebagai berikut;
Cover, Daftar Isi, Ringkasan (Abstraksi), Pendahuluan, Gagasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka. Naskah diketik di kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5 (satu setengah), dan margin atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan dan bawah 3 cm.


 


Naskah dikirim ke alamat email naskah@syababhidayatullah.or.id. Pengiriman naskah paling lambat, 30 Oktober 2018. Hasil karya yang lolos akan diumumkan di website hidayatullah.or.id (hidayatullah.or.id)


 

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=487