Sekolah Integral | SD Luqman Al Hakim Surabaya | Sekolah Islam Surabaya
Rubrik : Artikel Guru
Profil Lembaga Pendidikan Hidayatullah Surabaya
2017-11-13 - by : admin


 


Pesantren Hidayatullah Surabaya berbentuk yayasan. Didaftarkan pada notaris A. Kohar dengan nomor 136, pada 28 November 1986. Secara resmi aktifitas Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Surabaya dimulai bulan Juli 1988.



Bermula dari kontrakan sebuah rumah kecil seputar kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, pesantren mulai menabur benih. Membina anak-anak yatim dan terlantar, membina mahasiswa, dan merekrut santri serta aktifis dakwah kampus lulusan pesantren salaf, perguruan tinggi, bahkan alumni Timur Tengah.



Pengadaan sarana dan prasarana secara massif dimulai awal tahun 1990. Berbekal tanah wakaf dari seorang dosen ITS, dimulailah pembangunan asrama, mushalla, dan beberapa lokal kelas. Saat ini, luas area YPPH Surabaya mencapai 2,5 Ha.



Sebelum berdiri lembaga pendidikan, dibentuk Yayasan Penyantunan Yatim Piatu dan Terlantar (YPYPT) tahun 1989 -1990. YPYPT sebagai wadah para santri ber-iqra, memantapkan aqidah, dan mencari bekal dakwah.



Tahun 1997 dibentuklah Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Hidayatullah. Seiring perkembangan zaman, unit pendidikan yang bernaung di bawah LPI semakin berkembang pesat. Mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIL). Semua sekolah berlabel Luqman Al Hakim Surabaya, kecuali TK Yaa Bunayya.



Kini Lembaga Pendidikan YPPH Surabaya dengan sistem Full Day School maupun Boarding School mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat umat muslim di Surabaya, bahkan Indonesia. Tiap tahun, santri dari seluruh pelosok negeri, berbondong-bondong menuntut ilmu di kampus yang beralamat di Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya.



Sekolah yang berasaskan nilai-nilai tauhid yang bersumber dari Al-qur’an dan Sunnah, menjadikan sekolah ini berbasis pendidikan karakter dan akhlak. Dengan motto "Buka Hati Pendidikan Tauhid", seluruh pembelajaran mengintegrasikan nilai-nilai tauhid pada kurikulum dan seluruh aktifitas belajarnya. (Abu Dzaga/dari berbagai sumber)

Sekolah Integral | SD Luqman Al Hakim Surabaya | Sekolah Islam Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=385