SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
BMH Perwakilan Kepri Hadirkan Sumur Bor dan Pesantren Tahfidz
2021-08-02 08:49:40 - by : admin

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) merupakan lembaga amil zakat nasional yang bernanung di bawah ormas Hidayatullah. Kantor layanan LAZNAS BMH hadir di 30 propinsi, dengan gerai BMH ada di 66 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Dari hasil pengelolaan zakat dan infak ini BMH telah membantu setidaknya 387 pesantren, 6.213 dai di seluruh Nusantara, ribuan keluarga dhuafa, dan ribuan anak usia sekolah. Berikut ini beberapa kiprah BMH Perwakilan Kepulauan Riau.



Hadirkan Sumur Bor di Pulau Seraya


Zakat dan sedekah kaum Muslimin melalui BMH kini bahagiakan masyarakat Muslim Pulau Seraya, Batam, Kepulauan Riau. Salah satu programnya adalah menghadirkan bantuan berupa sumur bor untuk daerah yang kesulitan air bersih. Program ini akan memutus kesulitan akses air bersih yang selama ini dialami oleh warga Pulau Seraya.


Kondisi akan lebih buruk kala kemarau tiba. Sumber air di pulau seberang biasanya juga mengering sehingga kondisi yang dihadapi jauh lebih sulit.
“Warga terpaksa harus menyusuri hutan-hutan bakau untuk mendapatkan sedikit air. Jika tak juga mendapatkan maka alternatif terakhir adalah membeli ke pedagang air keliling tentu dengan harga yang tidak murah. Per-drumnya warga harus membayar Rp. 8000,” urai Aziz.


Baca juga: BMH Salurkan Ribuan Hewan Qurban Muslim Pedalaman Papua


Dengan kondisi ekonomi masyarakat yang kian hari kian terpuruk karena sebab pandemi yang tak kunjung mereda melengkapi ujian yang mereka hadapi.
“Alhamdulillah atas izin Allah, Laznas BMH Kepulauan Riau hadir membantu masyarakat. Melalui program sumur bor dan fasilitas air bersih ini beban kehidupan mereka sedikitnya terkurangi,” ungkap Aziz.


Dengan hadirnya sumur bor di Pulau Seraya maka total BMH telah menghadirkan 13 sumur bor dan fasilitas air bersih yang tersebar di berbagai pulau di kawasan Kepulauan Riau. Program ini tentu saja akan diperluas dan ditingkatkan mengingat masih banyak daerah yang kesulitan dalam mengakses air bersih.



Dirikan Rumah Quran dan Pesantren Tahfidz di Pulau Seraya


Laznas BMH terus melanjutkan perwujudan amanah kebaikan kaum Muslimin, terutama di bidang pendidikan dengan pendirian Rumah Quran dan Pesantren Tahfidz di Pulau Seraya, Batam, Kepulauan Riau (25/7).


Langkah itu ditandai dengan peletakan batu pertama di lahan wakaf seluas 2 hektar yang dilakukan langsung oleh dai tangguh BMH, Rahmat Ilahi Hadis dan tokoh masyarakat Pulau Seraya, H. Amran.


Baca juga: Pemuda Hidayatullah Wujudkan Slogan Progresif Beradab


Pulau Seraya dihuni oleh 763 jiwa dan 30 persen penduduknya merupakan generasi muda, mulai dari tingkat pendidikan SD, SMP, dan SMA. Tokoh masyarakat Bussu Kamis, berharap kehadiran lembaga pendidikan Islam dai dan guru ngaji di daerah ini mampu menyelamatkan generasi muda


Peletakan Batu Pertama Pendirian Rumah Quran dan Pesantren Tahfidz di Pulau Seraya bersama dai tangguh dan tokoh setempat (25/7) Peletakan batu pertama Rumah Quran dan Pesantren Tahfidz ini dirangkaikan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswi Institut Agama Islam Abdullah Said Batam yang juga terlibat dalam program pembagian sembako untuk masyarakat Pulau Seraya.

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=1359