SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
Pemuda Hidayatullah Wujudkan Slogan Progresif Beradab
2021-07-31 08:41:18 - by : admin

Pemuda Hidayatullah merupakan organisasi pendukung (orpen) ormas Hidayatullah yang membidani pemuda dan berfokus pada pembinaan serta pemberdayaan yang bertujuan menyiapkan kader muda bangsa dalam bingkai Islam yang berdedikasi serta memililiki loyalitas tinggi. Organisasi yang awalnya bernama Syabab Hidayatullah ini ikut mengambil peran dalam membangun Indonesia. Berikut ini beberapa kiprahnya.



Gelar LTC II Kuatkan Tradisi Pemikiran Islam


Berangkat dari amanat misi melahirkan kader-kader yang berkualitas dan berperan secara aktif dalam melaksanakan proses pembaharuan (tajdid) di bidang pemikiran Islam, Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Leadership Training Center (LTC) Angkatan II yang dilaksanakan di Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Teritip, Kota Balikpapan, selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juli 2021.


Dalam penyampaiannya dalam pembukaan LTC yang digelar di Meeting Room Yayasan Hidayatullah Ummulqura Gunung Tembak, Ketua PW Pemuda Hidayatullah Kaltim, Shabirin Ibnu Hambali, mengatakan LTC adalah wadah bagi kader muda untuk lebih jauh memahami pergerakan kepemudaan, menggali potensi, memicu semangat beriqra’ dan mendorong aksi terutama dalam gagasan ideologi dalam ketahanan diri di setiap benturan pertarungan wacana di ruang publik.


Baca juga: BMH Salurkan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak PPKM


Kegiatan LTC yang digawangi PD Pemuda Hidayatullah Balikpapan ini dalam keadaan masih diterapkannya PPKM oleh pemerintah sehingga penyelenggaraan pun dilakukan secara hybrid. Karenanya, instruktur yang tinggal di luar Kalimantan Timur menyampaikan materinya via online. Sedangkan yang dari lokal Balikpapan dan Kaltim dapat dilaksanakan secara tatap muka.


Meski dengan keterbatasan itu, tidak mengurangi antusias yang luar biasa dari para peserta. Salah seorang peserta, Mu’iinul Haq, mahasiswa PUZ STIS Hidayatullah, mengaku sangat senang dengan kegiatan LTC ini dan ia berharap hal ini harus terus dilanjutkan ke depannya. Dalam rangkaian LTC pertama di Balikpapan ini, sebanyak 40 peserta ditraining oleh instruktur nasional dan lokal. PD Pemuda Hidayatullah Balikpapan sendiri menargetkan penyelenggaraan LTC sebanyak 5 kelas -yang masing-masing terdiri dari 20 peserta.



Gelar Sunatan Massal di Lamahala


Realitas sosial pada masyarakat di Desa Lamahala Jaya, Adonara Timur, Flores Timur – NTT secara ekonomi terbilang jauh dari kata mapan dan mampu. Oleh karena itu, sebuah wadah komunitas yang tergabung dalam Ikatan Pemuda – Pemudi Brandos Lamahala Jaya, termasuk Pemuda Hidayatullah di dalamnya, menggelar kegiatan Sunatan Massal Gratis untuk Anak Yatim dan Dhuafa, Sabtu (24/07/2021).


Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Karlan Damsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tanggu jawab sosial kami sebagai pemuda untuk membantu para keluarga yang tergolong kurang mampu. Kegiatan ini juga berkat dukungan moril maupun materil dari pihak donatur yang telah mendukung kegiatan ini.


Baca Juga: Pandemi Momentum Konsolidasi Keumatan dan Kebangsaan


Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari Pengurus Ikatan Pemuda – Pemudi Brandos Ramadhan Ahmad, mengutarakan pada sambutannya, bahwasannya berkat kolektif kolegial Pemuda Brandos mampu mencubit kita sebagai insan yang berakal yang sejatinya selalu terkoneksi dengan hubungan vertikal dan horizontal sebagai hamba mampu merealisasikan tanggung jawab sosialnya.


Dalam masih kesempatan yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lamahala Jaya menyampaikan turut bangga dan senang ada anak muda yang mampu peduli terhadap sesama dalam hajatan sosial sebagai bentuk kontribusi pembangunan di lingkup desa. Acara ditutup dengan pembacaan do’o oleh Bapak Imam Masjid Jami’ Al-Ma’ruf Lamahala Jaya juga khitanan massal oleh Tenaga Medis yang sudah bersedia di arena kegiatan.

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=1354