SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
Program Qurban Tanpa Batas BMH Tembus Pedalaman Indonesia
2021-07-21 10:48:46 - by : admin

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus menunjukkan komitmennya untuk terus menyapa umat Islam di Pedalaman Indonesia. Program Qurban Tanpa Batas tahun ini kembali menyapa masyarakat muslim di daerah terluar, terdepan, maupun daerah minus di wilayah urban. Selain dalam rangka syiar Islam, program ini juga bertujuan meringkan dampak pandemi.



Qurban untuk 11.997 Orang di Semarang


Pemberlakuan PPKM Darurat pada dasarnya ditujukan untuk kebaikan dari sisi kesehatan. Namun, di sisi lain curahan hati masyarakat yang disampaikan kepada para pegiat zakat benar-benar membuat kita semua harus optimal memberikan secercah harapan kehidupan yang seakan akan kian pudar.


Hadirnya even qurban bagi masyarakat dhuafa benar-benar memberikan jawaban. Terutama pada aspek asupan gizi. Masyarakat kecil rata-rata memang kerja hari ini untuk dinikmati hari itu juga. Mereka memang sebagian besar bekerja di sektor nonformal.


Baca juga : Hidayatullah Sikapi Pandemi Covid-19, Utamakan Keselamatan Jiwa


Momentum qurban tahun ini BMH sengaja masuk ke kantong-kantong masyarakat kecil, seperti di kawasan Tempat Pembuangan Sampah, masyarakat mualaf, pinggiran kota dan bahkan dalam kota yang menurut data, kawasan tersebut layak untuk dibantu.


Di tengah pandemi malah antusias masyarakat untuk berbagi cukup tinggi. BMH sendiri hadir dengan tema qurban tahun ini, “Qurban Tanpa Batas.” Qurban tanpa batas ini benar-benar menjangkau hingga tak terbatas. Data wala yang terinput menunjukkan bahwa daging qurban telah diterima oleh 4.171 KK atau 11.997 orang dari 20 Sapi, 47 Kambing dan domba yang sudah disembelih dihari pertama Idul Adha.



Qurban untuk Muslim Pedalaman Maluku Utara


Selalu ada warna, itulah yang mengiringi perjuangan para relawan BMH di dalam menyelenggarakan pemotongan hewan qurban di pedalaman, seperti di Desa Patlean, Kecamatan Maba Utara, Maluku Utara. Perjalanan ini selain berat juga panjang. Tim perlu waktu tiga hari dari Sofifi untuk bisa sampai Desa Patlean.


Tim BMH harus menembus derasnya arus sungai serta jalanan yang belum sepenunya beraspal. Dibeberapa titik terdapat longsor yang menutup hampir semua badan jalan. Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Maluku Utara, Dzul Ikrom (20/7). Namun saat tiba di lokasi, kebahagiaan yang datang menyeruak di dalam hati. Masyarakat berbahagia melihat kedatangan relawan BMH.


Baca juga : BMH Ambil Peran Dalam Satgas Covid-19 Masa PPKM Darurat


“Desa Patlean walaupun jauh, merupakan desa binaan dai tangguh BMH. Di sini ada 600 KK. Desa ini berada di pesisir pantai Halmahera Timur. Alhamdulillah proses penyembelihan hewan qurban berjalan lancar dan masyarakat sangat bahagia,” jelas Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Maluku Utara, Dzul Ikrom.


Selain Desa Patelan, tim juga mengantarkan daging qurban ke Desa SP 1 Kecamatan Maba Utara, sejauh 12 kilo meter dari Desa Patelan yang juga harus melintasi kondisi sungai yang sedang banjir.

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=1345