SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya
Rubrik : Khazanah Islam
BMH Salurkan Hewan Kurban ke Seluruh Pelosok Indoensia
2020-07-31 18:09:16 - by : admin

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) sebagai salah satu lembaga filantropi terbesar di Indonesia terus bergerak dalam menghimpun dan memberdayakan dana umat. Dalam moment hari raya Idhul Adha tahun 1441 H atau 2020 Masehi ini, dengan program kurban berkah nusantara berhasil menghimpun dan menyalurkan hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia.


Kirim Hewan Kurban ke Pelosok Kalimantan


Bagi Laznas BMH dan dai tangguh, juga Pemuda Hidayatullah di Bulungan Kalimantan Utara, setiap momentum adalah kesempatan menguatkan gerakan dakwah. Oleh karena itu satu titik program andalan dalam momentum Idul Adha ini adalah masyarakat pedalaman.



“Alhamdulillah, hari ini (30/7) BMH bersama dai tangguh juga Pemuda Hidayatullah berangkat ke pedalaman Bulungan, tepatnya di Desa Long Telenjau, Pesok Hilir, Bulungan. Untuk sampai di lokasi, tim harus naik perahu mengarungi arus sungai dengan waktu tempuh 3 hingga 4 jam,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Kalimantan Utara, M. Nor Komara.


Hewan qurban ini akan memberikan kebahagiaan kepada sedikitnya 65 KKmualaf dari suku Dayak Kenyah. “Sebulan lalu, masyarakat bertanya apakah ada qurban. Alhamdulillah hari ini atas kebaikan umat Islam untuk masyarakat pedalaman hewan qurban bisa dibawa ke desa mereka, mualaf Dayak Kenyah,” imbuh Komara.


Ketua Pemuda Hidayatullah Bulungan, dalam hal ini Mushafa Alvani akan hadir sebagai khatib dan imam Sholat Idul Adha di pedalaman untuk selanjutnya mengkoordinir berlangsunya persiapan, penyembelihan, hingga distribusi hewan qurban di pedalaman.


Salurkan 2.772 Ekor Hewan Qurban di Jawa Timur


Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur kembali siap menyalurkan hewan kurban dari amanah yang diperoleh dalam program Qurban Plus Sedekah Jariyah Sumur Bor 1441 H. Hingga pra Idul Adha 2020 H-2 (Rabu, 29/7), Laznas BMH telah menerima amanah hewan qurban sebanyak 2.772 ekor. Rinciannya: 2.584 ekor kambing dan 188 ekor sapi.



Ketua Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Jawa Timur, Imam Muslim mengatakan bahwa pencapaian ini diperoleh berkat kepercayaan donatur dan dermawan melalui Program Qurban Laznas BMH, serta sinergi dari mitra, komunitas dan lainnya. Sehingga, amanah kurban mampu dihimpun untuk disalurkan nantinya meliputi 30 kabupaten/kota, 47 desa krisis air bersih, 173 desa binaan di pelosok, 73 pesantren dan panti asuhan serta 241 dai tangguh yang berdakwah di pedalaman negeri.


“Dalam implementasinya, Laznas BMH akan memprioritaskan distribusi hewan qurban di desa krisis air bersih, kekeringan, kampung mualaf pedalaman, pesantren binaan dan daerah rawan pangan yang tersebar di Jawa Timur,” jelas Muslim. Selain itu, Imam Muslim menyampaikan rasa syukur terkait capaian yang telah diraih oleh Laznas BMH dalam momentum qurban 1441 H ini. 


“Alhamdulillah, Allah telah memudahkan urusan kami semua. Semoga dalam distribusi nantinya juga berjalan dengan lancar hingga sampai kepada penerima manfaat. Terima kasih atas doa dan dukungan yang sangat luar biasa dari para donatur dan antusiasme kaum dermawan semuanya. Satu amal sudah kita tuntaskan, saatnya bergegas untuk menjemput kebaikan lainnya,” imbuhnya.


Imam Muslim mengemukakan, sebagai lembaga pengelola qurban yang profesional, Laznas BMH terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan meluaskan maslahat qurban. Selama dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, Laznas BMH telah menyalurkan bantuan pembuatan sumur bor di 8 desa krisis air bersih. “Dengan adanya bantuan tersebut mampu membantu warga memenuhi kebutuhan air untuk sehari-harinya,” ujarnya. /bmh.or.id

SD Islam Terbaik | SD Luqman Al Hakim Surabaya | SD Islam di Surabaya | Sekolah Favorit di Surabaya | SD Favorit di Surabaya : http://integral.sch.id
Versi Online : http://integral.sch.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=1077