Bank Jelisa, Program Peduli Lingkungan dengan Pengumpulan Minyak Goreng Sisa

Posted on: 30 August 2019

Limbah rumah tangga dan industri kecil menjadi salah satu penyumbang terbesar polutan pencemaran lingkungan. Limbah padat maupun cair dari aktifitas rumah tangga sering kali menimbulkan masalah apabila tidak dikelola dengan benar.

 

Salah satu limbah rumah tangga yang bisa merusak lingkungan adalah minyak jelantah atau minyak goreng bekas. Minyak jelantah yang dibuang ke lingkungan perairan, baik selokan, sungai, kolam, danau, akan mengganggu kehidupan yang ada di dalam air.

 

Lapisan minyak yang menutupi permukaan air akan merusak mikroorganisme air, menghambat respirasi dan fotosintesa alamiah. Bahkan menyebabkan kematian hewan-hewan yang hidup di perairan, jika konsentrasi limbah minyak sangat banyak.

 

Solusi untuk mengurangi dan mencegah pencemaran lingkungan akibat polutan minyak jelantah adalah dengan mendaur ulangnya. Minyak goreng bekas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Diantaranya digunakan untuk bahan bakar lampu minyak, bahan tambahan pakan ternak, sabun cair, dan bahan bakar biodiesel.

 

 

Bank Jelisa

 

Salah satu program SD Integral Luqman Al Hakim (Siluqim), Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya dalam rangka ikut serta mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan adalah membuat Bank Jelisa, yakni Bank Jelantah Sisa.

 

Setiap hari Jumat, siswa Siluqim rutin menyetorkan minyak jelantah dari rumah masing masing kepada petugas Bank Jelisa. Minyak goreng sisa dikumpulkan per-level kelas. Jika sudah terkumpul, setiap akhir bulan minyak sisa ini selanjutnya disetorkan ke Bank Sampah Induk Surabaya. Hasil yang terkumpul, selanjutnya digunakan untuk pengembangan kegiatan sekolah Adiwiyata.

 

Selain Bank Jelisa, Siluqim juga menggelar program pengelolaan sampah kertas, sampah plastik, sampah daun/kompos, green house, Balastik (sekolah bebas plastik), lubang biopori, dsb. Dengan program ini, diharapkan Siluqim menjadi sekolah adiwiyata dan pelopor dalam gerakan peduli lingkungan.

 

☆☆☆☆☆☆☆☆
SD Luqman Al Hakim Surabaya
INFO PENDAFTARAN INDEN
Tahun Ajaran 2020 - 2021

Telp. 031 - 5928587

Whatsapp Center 081212120005


   
📲 Follow IG: @luqmanalhakimsurabaya
 Facebook : luqmanalhakimsurabaya
💌 E-mail : sdluqmanalhakimsby.gmail.com
🌐 Website : www.integral.sch.id
🎬 Youtube : Luqman Al Hakim Surabaya
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia


   
#luqmanalhakimsurabaya #hidayatullahsurabaya #sekolahislamsurabaya 

#fulldayschoolsurabaya #sekolahunggulan #sekolahfavoritsurabaya

#sekolahtahfidzsurabaya #sekolahtauhid #sekolahjuara #sekolahtahfidz

 

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5189093 Visitor
Hits :6634594 hits
Month :2849 Users
Today : 98 Users
Online : 4 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi