Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_pvec1uvms2paajs11fpp5s4br0, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
Hidayatullah Yogyakarta Deklarasi Keluarga Cerdas Bermedia

Hidayatullah Yogyakarta Deklarasi Keluarga Cerdas Bermedia

Posted on: 24 January 2019

Yogyakarta Bertempat di Gedung Serbaguna Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, Seminar Parenting Keluarga Cerdas ber-Media (KCM) dan Deklarasi Komunitas Gerakan KCM sukses dilaksanakan, beberapa waktu lalu.

Hadir sebagai narasumber Mohammad Fauzil Adhim (Pakar Parenting dan Konsultan Sekolah Integral Hidayatullah Jogja), Muhammad Syakir Syafi’i (Ketua DPW DIY-Jateng Bagian Selatan), dan Abdullah Munir (Ketua Yayasan As-Sakinah Yogyakarta).

 

Bertindak sebagai MC, Muhammad Rifki Saputra, mengawali acara dengan menampilkan hafalan Surat Al-Balad dan Mars Pandu Hidayatullah yang dibawakan oleh 21 murid kelas 1 Tahfidz SDIT Hidayatullah Yogyakarta.

 

Acara dilanjutkan sambutan-sambutan. Adapun acara inti seminar dimoderatori langsung oleh Abdullah Munir.

 

“Jika anak sampai pada tingkat lebih menyukai kegiatan (bermain) menggunakan gadget daripada mengabiskan waktu dengan anda atau teman-temannya, ini berarti anak anda sudah sangat memerlukan bantuan untuk keluar dari kecanduan gadget yang mulai menyergapnya sebelum bertambah parah,” Fauzil dalam pemaparannya.

 

Lebih lanjut lelaki kelahiran Mojokerto, 29 Desember 1972 ini menegaskan, pentingnya orangtua memahamkan kepada putra-putrinya terkait bagaimana menggunakan media dengan bijak (khususnya media sosial/medsos).

 

Tidak cukup hanya memahamkan, akan tetapi harus ditanamkan dan terus didampingi secara berkualitas.

 

“Anak-anak perlu kita ingatkan betul agar berhati-hati. Ingat, jejak rekam digital itu bahkan dapat berpengaruh hingga kelak ketika ia kuliah maupun setelah bekerja dan menikah. Kehati-hatian yang muncul dari sikap tanggungjawab akan sangat berarti baginya,” lanjut penulis yang terkenal dengan trilogi Kupinang Engkau dengan Hamdalah itu.

 

Syakir Syafi’i memberikan penguatan atas dideklarasikannya Gerakan Komunitas KCM ini.

 

“Marilah kita jadikan keluarga kita sebagai bagian dari Gerakan Komunitas Keluarga yang Cerdas dalam bermedia. Ini adalah pilihan iman untuk masa depan kita, anak-anak kita, dan sejarah perjuangan kita dalam rangka menjayakan agama dan bangsa,” ujarnya.

 

Sesi berikutnya adalah deklarasi Gerakan Komunitas Keluarga Cerdas ber-Media. Pembacaan ikrar dipimpin langsung oleh Syakir Syafi’i yang diikuti oleh seluruh hadirin peserta seminar.

 

Adapun isinya adalah sebagai berikut:

 

IKRAR DEKLARASI GERAKAN KOMUNITAS KELUARGA CERDAS BERMEDIA (KCM)

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan ini, Kami Komunitas Keluarga Cerdas ber-Media (KCM), menyatakan ikrar sebagai berikut:

Bersedia menjadi bagian dari Gerakan Komunitas Keluarga Cerdas ber-Media sesuai dengan strategi dan rambu-rambu yang ditetapkan.

Berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menggunakan HP/Smartphone/Gadget hanya untuk sesuatu yang bermanfaat dan tidak mengakses konten-konten negatif atau tidak sesuai dengan syariat Islam.

Mematikan HP/Smartphone/Gadget pada waktu antara Maghrib dan Isya’, serta mengondisikan keluarga pada waktu tersebut untuk membaca al-Quran, belajar, atau aktivitas ibadah lainnya.

Memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan HP/Smartphone/Gadget dengan arahan, pendampingan dan kontrol dari orangtua secara bertanggungjawab (maksimal 30 menit dalam sehari pada hari-hari biasa, atau 2 kali 30 menit dalam sehari pada hari libur)

Berupaya untuk setiap hari menyediakan momen kebersamaan positif dengan anak tanpa disertai HP/Smartphone/Gadget.
Demikianlah pernyataan deklarasi ini kami ikrarkan. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah, taufiq dan inayah-Nya kepada kami. Aamiin.

Sleman-Yogyakarta, Jumadil Ula 1440H/ 20 Januari 2019.

Ttd

Semua Deklarator.

 

Sebagai penutup, seluruh peserta membubuhkan tanda tangan di atas puluhan meter kain putih yang telah disediakan oleh panitia di sisi kanan dan kiri ruang acara.

 

Pembubuhan tanda tangan ini sebagai bentuk penegasan komitmen bersama atas terbentuknya Gerakan Komunitas Keluarga Cerdas ber-Media (KCM).

 

Acara yang dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai lapisan unit dan masyarakat umum ini terselenggara atas kerja sama Yayasan As-Sakinah Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta bersama beberapa instansi.

 

Di antaranya, Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah beserta Komite Sekolah dan Forsitu, Gerakan Komunitas Keluarga Cerdas ber-Media (KCM), Muslimat Hidayatullah, Pos Da’i, LBH Hidayatullah, BMH, Pandu Hidayatullah, Garda Jogja, Syabab Hidayatullah, HAC (Hidayatullah Archery Club), Manna Catering, HTC Training & Consulting, SAR Hidayatullah, Family Photocopy, dan Sakinah Catering.* /Ida Nahdhah (hidayatullah.or.id)

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6010068 Visitor
Hits :8265978 hits
Month :6442 Users
Today : 965 Users
Online : 9 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?