Bahagia Dengan Al Quran Wisuda tahfidz 4 SD Luqman Al Hakim Surabaya

Posted on: 23 March 2019

"Allahumar hamnaa bil Qur’an

Waj’al hulana imaaman wanuuran

Wahuda warahmah

Allohuma dzakirna minhumaa nasiina

Wa’alimna minhuma jahilna"

 

SURABAYA - integral.sch.id - Lantunan merdu doa sesudah membaca Al Qur’an  mengiringi derai air mata dan isak tangis para orang tua pagi ini, di gedung Graha Widya Bhakti Kampus STIESIA, Jl. Menur Pumpungan No.30, Menur Pumpungan, Sukolilo, Kota Surabaya.  Perasaan bercampur antara terharu dan bangga, juga bahagia tak terkira ketika putra-putri tersayang mereka menyematkan mahkota di kepala. Mahkota sebagai simbol penghargaan tertinggi kepada orang tua atas keberhasilan mereka mentarbiyah anak-anaknya hingga berhasil menjadi penghafal Al Qur’an, Insyaallah.

 

 

Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim 1/756)

 

Itulah pemandangan yang terlihat di acara wisuda tahfidz ke 4 SD Luqman Al Hakim surabaya tahun ini. Acara yang didahului dengan uji publik itu dipenuhi dengan tangis haru para orang tua, anak-anak dan para guru. Pelukan hangat penuh kebanggaan dari orang tua, sungkem anak yang berlutut dan mencium tangan ayah bundanya, dimana kedua belah pihak sambil berlinang air mata membuat suasana wisuda tahfidz terasa sangat hikmad tapi emosional.

 

Tahun ini SD Luqman Al Hakim Surabaya berhasil mewisuda 130 santri tahfidz, yang terdiri dari  50 santri dan 80 santriwati. Wisudawan ini bervariasi dari kelas 2 hingga kelas 6, mulai dari hafalan juz 30 hingga hafalan 9 juz.  Masyaallah tabarakallah.  Seperti yang sudah disebutkan di awal, inti acara wisuda tahfidz adalah uji publik hafalan para santri yang dilakukan di depan para guru, orang tua dan tamu-tamu undangan lainnya.

 

 

Uji publik dilakukan dengan menunjuk secara acak peserta wisuda untuk dites hafalannya. Tes itu dilakukan dengan cara meminta peserta untuk menghafalkan ayat tertentu, pada surat tertentu dari hafalan yang sudah dilakukannya. Atau bisa juga dengan meminta peserta melanjutkan bacaan Qur’an yang dilakukan oleh penguji.  Pada kesempatan ini para undangan juga diberi kesempatan untuk menguji hafalan peserta. Dari sinilah ketangguhan mental para santri benar-benar diuji, karena menghafal di depan satu penguji tentu berbeda rasanya dengan menghafal di depan ratusan tamu undangan, dimana semua mata tertuju padanya.

 

Dan dari wisuda tahfidz inilah kita tahu implementasi dari moto sekolah tauhid sekolah para juara kelihatan benar-benar diterapkan di sini.  Salah satu dari rangkaian acara wisuda tahfidz adalah pemilihan wisudawan terbaik. Ananda Nadine Evaisha Wardhana dari kelas 4A menjadi wisudawan terbaik, yang saat ini berhasil menuntaskan hafalannya sebanyak 9 juz. Masyaallah.

 

 

Wisuda ini dihadiri tak kurang dari 400 orang. Diantaranya para wali santri, pengelola SD Luqman Al Hakim Surabaya, pengurus Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, dan undangan dari unit terkait. Di sesi mauidzoh hasanah, Dr. KH. Mustain Syafii, M.Ag, Mudir Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebu Ireng Jombang, berpesan betapa mulia dan pentingnya bagi para hufadz Al Quran menuntaskan hafalannya hingga 30 juz.

 

 

"InsyaAllah kita akan dimuliakan oleh Allah Swt fiddunya wal akhirah dengan Al Quran. Untuk itu mari kita dukung dan selalu mendoakan anak-anak kita ini agar istiqomah dalam menghafal Al Quran", pesan beliau.

 

Selamat buat semua wisudawan dan wisudawati tahfidz Quran.  Semoga ilmu kalian menjadi berkah bagi semua orang. Amiin.

 

Oleh : Ida Nurhidayati, kontributor website SD Luqman Al Hakim Surabaya

☆☆☆☆☆☆☆☆☆

SD Luqman Al Hakim Surabaya
Info Pendaftaran Inden Siswa Baru
Tahun Ajaran 2020 - 2021 
Whatsapp Center 081212120005

☆☆☆☆☆☆☆☆☆

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

📲 Follow IG: @luqmanalhakimsurabaya
❤ Facebook : luqmanalhakimsurabaya
💌 E-mail : sdluqmanalhakimsby.gmail.com
🌐 Website : www.integral.sch.id
🎬 Youtube : Luqman Al Hakim Surabayaum
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

#luqmanalhakimsurabaya
#hidayatullahsurabaya
#sekolahislamsurabaya
#fulldayschoolsurabaya
#sekolahunggulansurabaya
#sekolahfavoritsurabaya
#sekolahtahfidzsurabaya
#sekolahtauhid
#sekolahjuara
#sekolahtahfidz
#wisudatahfidz
#sdluqmanalhakimsby
#sekolahtahfidz
#sekolahparajuara

 

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5942485 Visitor
Hits :8153780 hits
Month :9986 Users
Today : 448 Users
Online : 12 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?