Mengulang Sejarah Juara di Olimpiade Sains Nasional 2019 Kota Surabaya

Posted on: 1 April 2019

SURABAYA (integral.sch.id) - Motto Sekolah Tauhid Sekolah Juara yang disematkan pada SD Luqman Al Hakim Surabaya mulai kelihatan buahnya. Alhamdulillah di tahun akademik 2018/2019 sekolah tercinta kita berhasil menempatkan 4 wakil santrinya di babak 10 besar pentas Olimpiade Sains Nasional (OSN) Kota Surabaya. 

 

 

Keempat santri itu adalah Diandra Althafunnisa (5A), M. Fawwaz Arib (4B) dari bidang IPA, Kurnia Amatullah Husna Rahmanto (5A) dan Vania Nurmala Shyahda (5A) dari bidang Matematika. Keempat santri ini harus berjuang menyisihkan ribuan siswa-siswi terbaik dari seluruh SD/MI se Surabaya demi bisa lolos ke pembinaan 10 besar ini. 

 

 

Alhamdulillah berkat kerja keras luar biasa mereka, dan doa serta dukungan dari semua wali murid dan para asatidz, anak-anak berhasil mengemban amanah di pundak mereka dengan sangat baik.

 

Proses seleksi OSN itu sendiri berjalan sangat panjang dan berjenjang. Mula-mula diambil 10 siswa terbaik masing-masing di bidang IPA dan Matematika untuk bertanding di tingkat kelurahan. Dari situ diambil 3 siswa untuk berlaga di tingkat kecamatan, yang juga akan diambil 3 siswa untuk bertanding di tingkat kota. Di tingkat kota inilah akhirnya diambil 10 besar untuk dibina oleh Dispendik Surabaya. Dimana juara 1, 2 dan 3 masing-mamsing mapel berhak mewakili Kota Surabaya untuk maju ke tingkat propinsi.

 

Butuh perjuangan yang panjang untuk bisa masuk ke babak 10 besar. Anak-anak ini harus mengikuti pembinaan dari sekolah sejak berbulan-bulan yang lalu, bahkan harus meninggalkan pelajaran ketika mereka harus mengikuti seleksi tingkat Kecamatan. Itu artinya mulai jam 07.30 pagi hingga Asar mereka hanya berlatih pelajaran matematika atau IPA saja. Dan Alhamdulillah perjuangan mereka tak sia-sia.

 

Begitu masuk 10 besar, pendadaran di Kawah Candradimuka OSN Kota Surabaya dimulai. Diandra, Fawwaz, Una dan Vania harus rela meninggalkan sekolah dan mengikuti pembinaan 10 besar yang dilaksanakan oleh dispendik Surabaya. Pembinaan itu berlangsung selama 9 hari penuh, mulai jam 08.00 pagi hingga jam 15.00 sore yang dilaksanakan di SDN Airlangga 1 Surabaya.

 

Di pembinaan 10 besar inilah anak-anak ini tak hanya mengemban tugas menjadi yang terbaik di bidang IPA dan Matematika saja, tapi juga harus bisa menjadi contoh baik bagi teman-temannya yang lain. Contoh yang baik itu meliputi ketertiban, sikap, dan terutama mengutamakan ibadah wajib dan sunah. Dan alhamdulillah mereka bisa sadar betul akan tugas tak tertulis itu. Meski jauh dari sekolah dan tak ada Ustadz atau Ustadzah yang mengawasi, anak-anak ini tetap menjalankan sholat wajib tepat waktu, serta selalu rutin melakukan sholat dhuha.

 

 

Pembinaan Babak 10 besar OSN Kota Surabaya berakhir pada tanggal 15 Maret 2019, dan 3 besar wakil kota Surabaya akhirnya berhasil dipilih. Alhamdulillah Fawwaz, Diandra, Vania dan Una tidak mengecewakan sekolahnya. Fawwaz yang masih kelas 4 itu berhasil meraih juara 9 dan insyaallah sangat berpeluang untuk maju lagi di tahun depan. Sementara Vania memperoleh juara 6 bidang Matematika, dan Diandra mendapatkan juara 5 bidang IPA. 

 

 

Sementara Una berhasil mengulang sejarah Aldyto 2 tahun lalu, menjadi juara 2 bidang Matematika OSN Kota Surabaya. Sungguh membanggakan melihat anak-anak pecinta Qur’an yang tak pernah berhenti menghafal meski harus terus-menerus berlomba itu bisa berjaya di OSK Surabaya. 

 

Rasanya tak sia-sia para Ustadzah merelakan mereka meninggalkan pelajaran sekian lama, meninggalkan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang saat itu tengah berlangsung demi Olimpiade Sains Kuark (OSK). Tak sia-sia pula dukungan para guru dan orang tua yang tak henti-henti mendoakan mereka.

 

Dengan terpilihnya Una menjadi juara 2, itu berarti dia mendapatkan tugas baru, mewakili Kota Surabaya maju ke tingkat propinsi bersama kelima temannya yang lain, Michele, Syauqi (Matematika), Raphael, Gita dan Alif (IPA). Anak-anak yang lolos di babak 3 besar ini kembali mengikuti pembinaan persiapan OSP, sementara yang lain kembali ke sekolah masing-masing.

 

Pembinaan berlangsung selama 10 hari di Dispendik Surabaya, Jagir, dimulai dari jam 07.00 hingga jam 16.00. Itu artinya Una masih harus belajar matematika level olimpiade dari pagi sampai sore hari. Itupun masih harus disambung dengan belajar matematika lagi di malam hari, tanpa melupakan hafalan Qur’annya.

 

OSP Jawa Timur sudah dilaksanakan tanggal 29 Maret kemarin, serentak bersama propinsi-propinsi lain di seluruh Indonesia. Dan sekarang kita tinggal bersabar dan tawakal menunggu hasilnya. Semoga Allah meridhoi kerja keras anak-anak kita, amiin. (Ida Nurhidayati)

 

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
.
SD Luqman Al Hakim Surabaya
INFO PENDAFTARAN INDEN
Tahun Ajaran 2020 - 2021
Whatsapp Center 081212120005
Telp. Office : 031 - 5928587
.
☆☆☆☆☆☆☆☆☆
.
   

 

📲 Follow IG: @luqmanalhakimsurabaya
 Facebook : luqmanalhakimsurabaya
💌 E-mail : sdluqmanalhakimsby.gmail.com
🌐 Website : www.integral.sch.id
🎬 Youtube : Luqman Al Hakim Surabayaum
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia
.
   

#luqmanalhakimsurabaya
#hidayatullahsurabaya
#sekolahislamsurabaya
#fulldayschoolsurabaya
#sekolahunggulansurabaya
#sekolahfavoritsurabaya
#sekolahtahfidzsurabaya
#sekolahtauhid
#sekolahjuara
#sekolahtahfidz

 

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5944406 Visitor
Hits :8157866 hits
Month :9760 Users
Today : 493 Users
Online : 12 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?