Mengubah Perilaku Jahiliyah Menuju Ahlaqul Karimah

Posted on: 12 September 2018

 

Ketua Dewan Pembina Murabbi Hidayatullah Jawa Timur yang juga anggota DPPU Hidayatullah Drs Abdul Rahman menyampaikan taushiah memperingati masuknya 1 Muharram 1440 Hijriyah di Masjid Aqshal Madinah Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/9/2018) malam.

 

Di hadapan ratusan santri dan jamaah, beliau mengatakan spirit tahun baru Hijriah itu adalah spirit perubahan. Karena itu ia mengajak menjadikan momentum ini untuk melakukan evaluasi dan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.

 

“Namun, bukan berubah karena dunia, tapi berubah untuk Allah. Mengubah perilaku jahiliyah menuju ahlaqul karimah,” pesannya.

 

Beliau mengatakan, hijrah itu adalah proses revolusi yang dimulai dari proses evolusi.

 

“Didik pribadi-pribadi kita dengan akhlak mulia. Bersihkan pikiran-pikiran kita dari pemikiran selain bismirabbikalladzi kholaq (atas nama Allah yang menciptakan),” imbuhnya.

 

Hal itulah, menurutnya, yang dimaksud pribadi bertauhid. Pribadi bertauhidlah yang mampu membangun masyarakat, bangsa, bahkan dunia ini menjadi Rumah Allah.

 

“Siapa yang tidak mampu membangun rumah Allah di dunia ini maka tidak akan mampu mendapatkan Surga Allah di akhirat,” pesannya.

 

Beliau menyebutkan, membangun pribadi bertauhid itu adalah dengan melalui proses Tilawah, Tazkiyah, Ta’limah dan Hikmah.

 

Proses Tilawah adalah proses membangun paradigma Tauhid, memandang sesuatu karena Allah dan untuk Allah. Tazkiyah adalah proses pensucian diri dengan cara menjalankan syariat Allah dalam kehidupan kita. Sedangkan Ta’limah adalah proses menyebarkan ke seluruh alam semesta dengan penuh kegembiraan dan cara yang arif bijaksana (hikmah).

 

“Inilah yang disebut peradaban Islam. Peradaban yang bertujuan merubah pribadi manusia dari tidak mengenal Allah menjadi tunduk patuh kepada-Nya semata. Merubah pandangan menjadi paradigma Tauhid,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, suatu kemuliaan bagi yang menerapkan pandangan tersebut ke dalam sisi kehidupan nyata dalam bentuk syariat dan akhlak serta menyebarkan ke seluruh alam menjadi rahmatan lil alamin.

 

“Inilah makna Hijrah. Ayo revolusi dengan proses Tilawah, Tazkiyah Ta’limah dan Hikmah demi terwujudnya Peradaban Islam di muka bumi ini,” pungkasnya. (hidayatullah.or.id)

Versi cetak


Berita Terkait


« Nov 2018 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8


Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

 




Visitors :448751 Visitor
Hits :624443 hits
Month :3372 Users
Today : 629 Users
Online : 21 Users


https://www.facebook.com/luqmanalhakimsby/

Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi