Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_80aja7mmlh57tlodsodje63867, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
9 Tips untuk Anak yang Gemar Gunakan Media Sosial

9 Tips untuk Anak yang Gemar Gunakan Media Sosial

Posted on: 9 January 2018

 

Sama seperti bagaimana Anda aktif di masyarakat online di platform media sosial seperti Snapchat, Instagram dan Facebook, hal itu jugalah yang dilakukan anak-anak Anda!

 

Meskipun anak Anda tidak berhadapan secara langsung saat bergaul di media sosial, ini tidak berarti mereka harus merasa aman untuk chatting secara terbuka.

 

Itulah sebabnya kejadian bulliying di dunia cyber adalah satu masalah yang benar-benar terjadi. Dewan Literasi Media Singapura (The Media Literacy Council/MLC) menarik perhatian bahwa tiga dari 10 murid dan remaja pernah menjadi korban bullying di media online.

 

Justru, mari kita periksa sembilan hal ini untuk bersama anak Anda ketika menggunakan media sosial;

 

1. Jangan Unggah Informasi Pribadi ke Publik
Informasi seperti lokasi mereka dan informasi pribadi tidak harus ditempatkan di internet kecuali mereka ingin menjadi korban kejahatan. Meskipun sekedar berbagi lokasi sebuah kafe di Instagram, akan lebih baik itu dilakukan setelah mereka meninggalkan kafe itu.

 

2. Jangan Sebarkan Informasi Palsu (Hoax)
Di bawah UU Telekomunikasi (ITE), Anda bisa didenda hingga pidana penjara enam tahun dan denda Rp1 miliar karena menyebarkan informasi palsu. Menyebarkan informasi tentang ancaman bom di sekolah misalnya dapat membuat anak Anda dipenjara!

 

3. Bersikap Sopan Walau Berbeda Pendapat
Jika seorang pengguna lain menggunakan kata-kata vulgar, nasihatkan anak Anda untuk tidak beradu mulut. Mereka bisa saja melarang siapa saja untuk berinteraksi dengan mereka.

 

4. Jangan Mempermalukan Sahabat Sendiri
Ingatkan anak Anda untuk tidak mempermalukan rekan sendiri. Mereka tidak memiliki kontrol penuh untuk memadamkan informasi pribadi di Internet. Meskipun mereka sudah menutup gambar atau video. Ingat! Orang lain mungkin sudah menyimpan salinan gambar itu.

 

5. Bertanggungjawab
Apa yang dianggap satu hal yang lucu mungkin membawa efek mendalam pada masa depan. Lebih baik untuk anak Anda tidak menyuarakan pendapat mereka sendiri jika hal itu menjadi kondisi yang tidak dapat dikontrol.

 

6. Hormati Perbedaan Pendapat
Jangan menggunakan kata-kata kasar, meledek, menghina ras atau suku. Setiap kata-kata seperti itu lebih banyak memicu kekerasan atau kegelisahan – dan dapat mengantar penulisnya ke meja hukum.

 

7. Tunjukkan Rasa Ihsan
Ajar anak Anda kita tentang sifat belas kasih (ihsan) dan berbuat baik. Ini karena apa yang dikatakan mereka mungkin membawa maksud yang berbeda kepada orang lain dan dapat menggores hubungan mereka.

 

8. Tidak Perlu Bersalah Memblock Akun Orang Lain
Tidak salah untuk mereka melarang atau ‘mem-block’ akun/pengguna lain meski membuat mereka merasa tidak senang. Ketika teman-teman mereka mengganggu mereka atau orang tidak dikenal menggunakan kalimat-kalimat berunsur seksual, kekerasan, ejekkan, tidak perlu bersalah, bahkan jika perlu di’block’ saja mereka.

 

9. Sebarkan Hal Positif
Kata-kata ajak kebaikan, kata-kata positif, akan jauh lebih berarti daripada mengeluh tentang pekerjaan sekolah, perasaan galau, atau mengeluh segala urusan pribadi kita melalui medsos. Semakin banyak galau dan mengeluh, justru akan mengundang ‘penjahat cyber’ mendatangi anak kita!*/cna (hidayatullah.com)

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6009076 Visitor
Hits :8264039 hits
Month :6336 Users
Today : 888 Users
Online : 25 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?