Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_36v7jp0bs1qu270bcjq6vgqd43, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
2 Siswa SD Integral Hidayatullah Surabaya Raih Prestasi Sains dan Matematika Internasional

2 Siswa SD Integral Hidayatullah Surabaya Raih Prestasi Sains dan Matematika Internasional

Posted on: 29 November 2017

 

Kerja keras, doa orangtua dan guru-guru yang mendukung, akhirnya melahirkan buah keberhasilan dua siswa SD Integral Luqmanul Hakim Pesantren Hidayatullah Surabaya, Erin Laily Fathima Rahmanto (12) dan Aldyto Rafif Abhinaya (11) meraih penghargaan kompetisi matematika dan sains tingkat internasonal.

 

Erin Laily Fathima Rahmanto (Eying) meraih Medali Perak (Silver) untuk bidang Sains SD dalam ajang olimpiade sains dan matematika tingkat Asia, Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) International Competition 2017.

 

ASMOPS adalah Olimpiade Sains dan Matematika untuk Siswa SD, yang baru saja dilaksanakan di Pattaya, Thailand, 17-21 November 2017.

 

Di saat bersamaan,  salah satu siswa SD Lukmanul Hakim lain,  Aldyto Rafif Abhinaya (11) meraih Bronze Medal  dalam ajang kompetisi MIPA Internasional bertajuk  International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) pada 20-24 November 2017 di Singapura.
Orangtua  Erin Fathima Rahmanto (Eying),  Ida Nurhidayati (35) mengaku bersyukur atas prestasi putrinya.

 

Nurhidayati mengaku anaknya tak punya tips khusus menembus kompetisi internasional ini. Hanya saja katanya, Eying rajin bekerja sangat keras jauh sebelum ada road to ASMOPS dimulai.  Misalnya, mulai mengerjakan dan menterjemahkan soal-soal berbahasa Inggris, latihan soal setiap hari juga pembinaan intensif oleh abinya (yang seorang guru sains).

 

“Dia berlatih secaa teratur. Dan harus mengerjakan 40 – 50 soal setiap hari, rata-rata pelajaran reguler untuk SMP/SMA,” ujar Nurhidayati.

 

Yang tak kalah penting, ia bersyukur memiliki lingkungan sekolah dan guru-guru yang sangat mendukung.

 

“Eying berhasil karena didoakan banyak orang, guru-guru, juga wali murid serta teman-temannya,” tambahnya.

 

Sementara Acil Eka Indiarto (37), ayah dari Aldyto Rafif Abhinaya (11)  (meraih Bronze Medal  dalam ajang kompetisi MIPA internasional bertajuk  International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) pada 20-24 November 2017 di Singapura) mengatakan, salah satu diantara keberhasilan putranya adalah  dukungan luar biasa dari Kepala Sekolah beserta Ustadz dan Ustadzah SD Lukmanul Hakim sehingga meraih prestasi di bidang Matematika.

 

“Terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan kepada Aldyto juga atas doa dan bimbingannya. Semoga Allah Subhanahu Wataa’ala memberikan balasan yang terbaik untuk Ustad Adi dan para Ustadz /Ustadzah SD Lukmanul Hakim,” katanya

 

Ia mengaku tak  memiliki tips khusus pada anaknya. “Hanya berlatih mengerjakan soal-soal setiap hari yang berperan meningkatkan kemampuannya. Namun saya merasa doa orangtua, mertua juga  ustad/ustadzah dan Wali Murid  sangat berpengaruh dalam pencapaian Aldyto,” tambah Acil.

 

Menurut Aan Harinimiswari, S.Sos, MA (Wali Kelas VI, yang juga wali kedua siswa) mengatakan  ananda kedua siswa itu memang dikenal istimewa hingga dirinya mengaku sering kewalahan menghadapinya.

 

“Memiliki siswa dengan kemampuan di atas rata-rata teman seusianya memang tidak mudah. Ada saja pertanyaan yang out off the box,” ujar Aan Harinimiswari (35). Itulah yang dirasakan kedua siswanya yang kini bisa juara dalam ajang internasional.

 

Pernah suatu ketika saya harus menjelaskan proses hujan buatan apabila bumi menjadi semakin panas akibat global warming, sedangkan tak ada awan yang terbentuk atau sudah matang untuk diinduksi menjadi hujan. Sering juga saya melihat ekspresi “I’m so done” dari wajahnya ketika mendengar pertanyaan teman-temannya yang menurutnya amat mudah dan sederhana.

 

Namun Aan mengaku gembira, karena di lingkungan sekolahnya,  SD Luqman Al Hakim bukanlah SD yang melulu bicara tentang peningkatan potensi kognitif siswa saja.


“Sebagai guru, prioritas kami adalah pembentukan akhlak mulia. Sehingga tak sulit rasanya memahamkan Eying (panggilan akrab Erin) mengenai akhlak terhadap orang lain. Eying tumbuh menjadi anak berprestasi tanpa mengerdilkan teman-temannya. Selain itu, kegemaran kami yang sama memudahkan kami membangun rasa saling percaya, sehingga Eying merasa bebas bertanya ataupun mengungkapkan perasaannya, karena kami memiliki -bahasa- yang sama,” tambahnya.(r7/doc-Surabaya)

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6009889 Visitor
Hits :8265579 hits
Month :6433 Users
Today : 957 Users
Online : 16 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?