Gebyar Literasi 2017 SD Luqman Al Hakim Surabaya (2 - Habis)

Posted on: 26 September 2017

 

Peran Orang Tua

Keberadaan perpustakaan yang semakin besar dengan berbagai programnya dan kegiatan literasi yang sukses dilakukan oleh SD Luqman Al Hakim Surabaya tidak lepas dari peran orang tua. Keterlibatan orang tua sangat berperan aktif untuk ikut menjadi salah satu  bagian dari program-program tersebut. Untuk memperbanyak buku bacaabn di perpustakaan, para orang tua memberikan kontribusi buku bacaan terutama bagi siswa kelas 6 pada saat akan lulus dengan senang hati siswa-siswi memberikan kenangan satu buku bacaan untuk pepustakaan SD Luqman Al Hakim yang sangat dicintainya. Harus diakui memang pihak sekolah juga selalu meningkatkan anggraan pengadaan buku bacaan di perpustakaan setiap tahunnya baik buku bacaan untuk guru maupun untuk siswa.

 

Pada saat acara gebyar literasi yang dilakukan sejak tahun 2015 peran orang tua sangat besar, dengan berbagai kontribusinya. Untuk kegiatan sedekah buku para orang tua menyumbangkan buku bacaan bahkan adanya yang menyumbangkan lebih dari satu buku bacaan. Antusias orang tua juga terlihat sangat besar saat dilakukan lomba untuk orang tua yaitu lomba mendongeng maupun lomba perpustakaan keluarga. Kehadiran seluruh orang tua pada kegiatan gebyar literasi merupakan support yang tak terhingga kepada SD Luqman Al Hakim Surabaya.

 

Disamping kontribusi dan peran orang tua tersebut yang tidak kalah besar perannya dalam kegiatan gebyar lietrasi adalah adanya sponsor bagi kegiatan tersebut. Para orang tua murid yang memiliki usaha dengan senang hati untuk ikut terlibat pada kegiatan tersebut dengan memberikan dukungan materiil sebagai sponsor. Bahkan orang tua murid yang memiliki hubungan dengan perusahaan lain pun bersedia untuk mengajak perusahaan tersebut ikut terlibat aktif memberikan dukungan kegiatan gebyar literasi sebagai sponsor.

 

Berbagai dukungan inilah yang menjadikan SD Luqman Al Hakim untuk terus melakukan upaya memasyarakatkan dan membumikan literasi agar menjadi budaya bagi generasi dan masyarakat. 

 

Peran Pemerintah Kota

Komitmen pemerintah kota Surabaya dalam membudayakan literasi untuk masyarakat dan generasi menjadikan SD Luqman Al Hakim Surabaya untuk ikut  berperan aktif dalam program tersebut. Wujud nyata program yang dilakukan SD Luqman Al Hakim adalah dengan mengadakan kegiatan gebyar literasi.

 

Namun jauh sebelum adanya kegiatan tersebut pemerintah daerah kota Surabaya sudah memberikan dukungan kepada SD Luqman Al Hakim dalam program literasi. Dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah dengan menempatakan salah seorang pustakawan Badan Perpustakaan kota Surabaya untuk berdinas di perpustkaan SD Luqmna AL Hakim Surabaya. Dukungan ini sangat membantu perpustkaan SD Luqman AL Hakim dalam penataan manajemen dan pengembangannya.

 

Disamping itu juga diberikan dukungan bantauan buku bacaan oleh pemerintah kota Surabaya  untuk perpustkaan SD Luqman Al Hakim Surabaya. Pada saat acara gebyar literasi Badan Perpustakaan kota Surabaya juga sangat mensupport dengan mengirimkan mobil bacaan keliling di lokasi kegiatan. Kehadiran Kepala Badan Perpustakaan Surabaya yang pada waktu itu Ibu Arini Pakistyaningsih, SH, MM. dan pejabat Dinas Pendidikan kota Surabaya pada acara gebyar literasi merupakan suatu dukungan yang sangat besar kepada SD Luqman Al Hakim Surabaya.

 

Dari dukungan pemerintah daerah ini perpustakaan SD Luqman Al Haikim Surabayapun berkembang dengan pesat sehingga pada tahun 2015 dan 2016 meraih juara 2 lomba perpustakaan SD se-kota Surabaya.

 

Membangun budaya literasi harus dilakukan secara bersama-sama dan saling memberikan dukungan antar elemen masyarakat. Bagi pihak sekolah untuk membangun budaya literasi yang dilakukan oleh guru dan siswa yang tidak kalah penting harus mengikutsertakan peran orang tua, masyarakat, dan pemerintah daerah. Jika hal ini dilakukan secara serasi, selaras dan berkesinambungan maka dalam waktu yang tidak lama budaya literasi akan terbentuk pada generasi bangsa. Pada era yang akan datang generasi bangsa akan menjadi generasi pembaca, kreatif, inovatif, terampil, unggul dan santun serta berakhlak karimah. Bangsa Indonesia akan menjadi semakin besar karena sudah terbangun budaya literasi, bagaimana menurut saudara? (integral.sch.id)

Oleh : Ust. Heri Murtomo, S.Pd (Pengajar SD Luqman AL Hakim Surabaya)

Versi cetak


Berita Terkait


« Nov 2017 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9


Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

 




Visitors :102232 Visitor
Hits :198145 hits
Month :1277 Users
Today : 338 Users
Online : 3 Users


https://www.facebook.com/luqmanalhakimsby/

Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi