SAR Hidayatullah Narsum Workshop dan Hadiri Event Internasional

Posted on: 27 January 2023

SAR Hidayatullah adalah lembaga kemanusiaan yang khusus melakukan pencarian dan penyelamatan di wilayah-wilayah bencana. Saat ini tim SAR Hidayatullah telah memiliki 8 pusat komunikasi di 8 provinsi. Selain itu, tim SAR Hidayatullah juga memberikan pelatihan menangani bencana serta training survival (dalam bentuk outbound) di berbagai institusi. Dalam berbagai event kebencanaan SAR Hidayatullah hampir selalu hadir ikut serta dalam proses penanganan bencana.



SAR Hidayatullah Narsum Workshop Kebencanaan Univ. Budi Luhur


Komandan Pusat Search and Rescue (SAR) Hidayatullah, Irwan Harun, menjadi narasumber dalam acara Workshop Relawan Kebencanaan bertajuk “Membentuk Relawan Muda yang Berkarakter” di Jakarta, Rabu, 3 Rajab 1444 (25/1/2023). Workshop yang digelar Universitas Budi Luhur (Budiluhur) kerjasama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) itu berlangsung di Aula Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.


Irwan Harun dalam pemaparannya mengatakan penanganan bencana perlu dilakukan secara sinergis kolaboratif dibawah dengan pengelolaan potensi yang baik sehingga dapat berjalan efektif. “Banyak hal yang perlu disinergikan untuk terus membentuk generasi kader melalui tanggap tangguh aman bencana,” katanya.


Baca juga: BMH Salurkan Logistik untuk Santri di Majene dan Pulau Lingga


Pada kesempatan itu, Irwan menguatkan seluruh relawan pemuda Indonesia agar bisa menjadi relawan kebencanaan yang memiliki karakter peduli sebagaimana diajarkan oleh para Nabi dan selalu menumbuhkan jiwa kerelawanan untuk menolong siapapun yang membutuhkan. “Karena menjadi penolong sejatinya adalah pekerjaan para Nabi,” tandas Irwan Harun.


Acara yang berlangsung semarak ini didukung BitDefender beserta lembaga lainnya yang dihadiri sejumlah narasumber yaitu Direktorat Bina Potensi Basarnas Hesti Marlina, Founder Yayasan Rumah Cakrawala Indonesia Agus Wiradi, Basarnas Jakarta Muhammad Fazry dan dimodeatori oleh dosen Universitas Budi Luhur Dr. Didik Hariyadi Raharjo, S.Pd., M.Pd.



SAR Hidayatullah Observer Helatan INSARAG AP ERE 2022 Bali


Lembaga relawan kemanusiaan pencarian dan pertolongan Search and Rescue (SAR) Hidayatullah menjadi salah satu peserta undangan sebagai observer dalam kegiatan latihan penanganan kedaruratan gempa berskala internasional dengan melibatkan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik yang berlangsung di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, mulai tanggal 5 – 9 September 2022.


Helatan akbar yang bertajuk International Search and Rescue Advisory Group Asia-Pacific Regional EarthQuake Response Exercise (INSARAG AP ERE) 2022 itu dihadiri ratusan delegasi dari dalam dan luar negeri yang terlibat pada kegiatan tersebut. Delegasi dari dalam negeri diantaranya, BNPB, kementerian luar negeri, TNI, Polri, dan stakehokder lainnya.


Baca juga: STAIL Syiarkan Al-Quran dengan Kegiatan Safari dan Khataman Quran


Sementara delegasi dari luar negeri diantaranya Australia, Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Bangladesh, Fiji, New Zeland, Pakistan, Philipina, Korea, Samoa, Sri Langka, Mongolia, Nepal, dan Canada. Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi dalam keterangan resminya mengatakan, program latihan tahunan tersebut bertujuan untuk memperkuat kapasitas setiap negara dalam merespons gempa bumi yang merusak serta meningkatkan interoperabilitas perbantuan internasional pada saat tanggap darurat bencana.


Dalam kegiatan INSARAG AP ERE 2022 yang dihadiri 20 negara dan 105 partisipan tersebut, SAR Hidayatullah mengutus 2 anggota terbaiknya yaitu Tafdilul Umam yang juga Sekjen SAR Hidayatullah dan Kepala Divisi Diklat Murdianto. Diketahui, INSARAG yang menginduk pada United Nations Office of the Coordinator Humanitarian Affairs (UN OCHA) telah menentukan spesifikasi atau kualifikasi tim Urban SAR sebuah negara yang kapabel untuk terlibat dalam operasi SAR di negara lain yang terdampak.


Basarnas sendiri telah memperoleh klasifikasi medium USAR team sehingga dapat memberikan bantuan Urban SAR ke negara lain. Kegiatan INSARAG ERE 2022 tersebut juga dalam rangka memberikan jaminan kepada dunia, khususnya peserta KTT G20, bahwa tim SAR Indonesia bersama negara-negara lain siap menangani bencana gempa bumi.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5944606 Visitor
Hits :8158298 hits
Month :9729 Users
Today : 474 Users
Online : 20 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?