7 Langkah Menguatkan Jiwa Anak

Posted on: 12 January 2023

7 Langkah Menguatkan Jiwa Anak. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak. Sebagai orang tua kita harus mengetahui kondisi perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikis. Secara fisik, sebagai orang tua kita harus memenuhi kebutuhan anak baik asupan makanan, tempat tinggal, maupun pakaian. Termasuk juga mempersiapkan pendidikan anak. Kebutuhan psikologis, berupa kasih sayang, rasa dicintai, rasa aman, dan sebagainya juga wajib dipenuhi oleh orang tua.



Dalam perkembangannya, tidak sedikit anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang baik fisik maupun psikisnya. Orang tua harus peduli dan tidak abai dengan hal ini. Tidak jarang kita temukan ada anak yang memiliki fisik baik, tetapi secara psikis memiliki gangguan. Tidak percara diri, sulit bergaul, gampang menyerah, berjiwa lemah, dan sebagainya. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan. Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama harus bisa membentuk mental dan jiwa anak yang kuat.


Nah berikut ini ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan orang tua dalam rangka membuat jiwa dan mental anak menjadi lebih kuat. Agar kedepannya, anak menjadi pribadi yang lebih baik, berkembang secara optimal, dan sukses dalam menjalani kehidupannya kelak. Secara umum langkah-langkah untuk menguatkan jiwa dan mental anak adalah sebagai berikut:


1. Tidak memanjakan anak


Memanjakan anak itu ibarat memberikan racun berbalut gula-gula. Tanpa sadar, orang tua bermaksud melindungi, menyayangi, tak mau membebani, hal itu berakibat pada penghancuran anak secara perlahan, tapi pasti. Hal itu akan tergambar pada kepribadian anak yang lemah dalam menghadapi kesulitan-kesulitan hidup. Bagaimana gambaran singkat perilaku memanjakan itu? Memanjakan berarti memenuhi segala hal yang diminta anak, bukan memberi apa yang anak perlukan sehingga anak lambat laun tak bisa membedakan antara hal yang mereka inginkan dengan hal mereka butuhkan.


Baca juga: 5 Tahap Belajar Anak Berdasar Usia


2. Tidak pilih kasih


Pilih kasih berarti memperhatikan anak dengan tidak proporsional. Perhatian orang tua yang pilih kasih biasanya akan menjadi berbuncah kalau anak mempunyai sesuatu yang membanggakan atau menyenangkan hati orang tua. Namun, untuk anak yang biasa-biasa saja perhatian orang tua juga akan biasa-biasa saja. Karena itu, prinsip utama yang harus dipegang dalam kondisi ini adalah semua anak harus dicintai bagaimanapun keadaannya.


3. Menerima perbedaan pendapat dengan anak


Sebagai orang tua kita harus dapat menerima perbedaan dengan anak. Mengapa? Sebab anak tak mungkin selalu salah dan orang tua tak mungkin selalu benar. Jangan sampai anak yang mempunyai pendapat berbeda dianggap sebagai anak yang kurang ajar atau melawan orang tua. Ada sejumlah manfaat jika kita mau mempertimbangkan perbedaan pendapat dengan anak, yaitu :
1. Merangsang suasana dialogis antara orang tua dan anak dengan alasan-alasan yang rasional
2. Mendekatkan hubungan anak dan orang tua
3. Melatih anak atau orang tua untuk berjiwa besar jika pendapatnya terbukti tidak benar


4. Tidak membanding-bandingkan anak


Membandingkan anak dengan orang lain itu ibarat pisau tajam yang mampu menyayat hati yang terdalam. Alasan negatif yang mendorong hal ini terjadi biasanya agar anak malu melihat orang lain yang berhasil. Sedangkan alasan positif yang biasa diutarakan orang tua adalah agar anak terpacu motivasinya untuk mencontoh, meneladani, atau bahkan melampaui prestasi orang lain. Sebenarnya, tindakan membanding-bandingkan ini lebih banyak sisi negatifnya daripada sisi positif yang bisa diambil. Sebab, membandingkan anak dengan pihak lain, anak akan merasa dirinya sebagai pecundang, merasa salah atau ada ketidakberesan, sementara pihak lain yang dijadikan pembanding adalah orang yang sempurna.


5. Berhati-hati dalam berbicara dengan anak


Kadangkala kata-kata itu seperti air segar penawar dahaga, namun kadangkala kata-kata juga seperti pedang yang mampu menyobek hati. Untuk itu, sebagai orang tua, sudah semestinya jika kata-kata yang kita sampaikan pada anak adalah kata-kata positif, bukan kata-kata negatif yang mampu meracuni atau membuat cacat jiwa anak. Karena itu, orang tua perlu perhatian dalam hal:
1. Membiasakan memberi pengertian pada anak, bukan dengan marah-marah atau mengomel sepanjang hari
2. Hindari mengutuk, memaki-maki, mengumpat, apalagi mengancam
3. Hindari kata-kata yang bersifat sinis, kethus, sengak.


Baca juga: 9 Sumber Kebahagiaan Hati


6. Memberikan hukuman yang mendidik


Hukuman kita berikan jika anak melakukan kesalahan yang fatal. Memang sering terjadi kesalahkaprahan dalam konsep mencintai anak. Orang tua sering merasatidak tega untuk menghukum anak. Hal ini akan menyebabkan anak menjadi merasa apapun yang diperbuatnya selalu benar. Akibatnya, anak akan berkembang menjadi pribadi yang tidak realistis dan tidak mempunyai daya tahan yang cukup dalam menghadapi permasalahan. Artinya, anak harus mendapatkan hukuman yang Positif manakala ia melakukan tindakan yang fatal.


7. Memberikan pengertian yang mencukupi tentang stress pada anak


Hidup tak selalu mulus, kadang bergelombang, kadang pula sangat terjal. Untuk itu, sebagai orang tua, kita perlu memberikan bekal pada anak tentang "paradigma yang positif" terhadap kehidupan. Sedih dan gembira adalah suatu kenyataan yang akan datang silih berganti. Tak perlu terlalu gembira hingga lupa diri, tak perlu terlalu terluka berdarah-darah saat menghadapi masalah. Ajarkan pada anak-anak untuk senantiasa bersyukur saat menemui keberhasilan dan bersabar saat mendapati kegagalan. Sebab, bersyukur itu berpahala, bersabar pun berpahala. Betapa indahnya jika segala hal yang akan kita jumpai senantiasa bernilai pahala manakala kita bisa bersikap dengan bijak. Semoga bermanfaat. (Disarikan dari Buku 8 Strategies Motivating Children to Learn: Memotivasi Anak agar Keranjingan Belajar? - Karya Suhadi Fadjaray)


Oleh: Ummu Dzaga - Mompreneur Alumni Unair Surabaya, kini tinggal di www.annidafashion.com

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6023163 Visitor
Hits :8284635 hits
Month :6637 Users
Today : 553 Users
Online : 16 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?