Kuatkan Konsolidasi Organisasi PW Hidayatullah Gelar Rakerwil

Posted on: 19 January 2023

Hidayatullah merupakan organisasi massa Islam yang berdiri pertama kali di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada tahun 1973. Dalam perkembangannya, Hidayatullah telah membentuk 34 Dewan Pengurus Wilayah. Artinya Hidayatullah telah hadir 100% di seluruh provinsi di Indonesia. Dan juga memiliki 374 Dewan Pengurus Daerah atau sekitar 73% dari jumlah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Dalam mengkonslidasikan program kerjanya, pengurus wilayah Hidayatullah baru-baru ini menggelar Rakerwil.



Rakerwil Hidayatullah Jawa Tegah, Jalin Sinergi dengan Pemerintah


Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Tengah (Jateng) menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Kabupaten Kendal yang berlangsung selama 2 hari yang dibuka pada Sabtu, 14 Jumadal Akhirah 1444 H (7/1/2023). Penyelenggara mengundang Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto selaku tuan rumah untuk membuka acara tersebut. Namun bertepatan memiliki agenda lain yang telah terjadwal sebelumnya, sang Bupati mengutus Ir. Sugiono, S.T., M.T selaku Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal untuk menggantikan dirinya.


Dalam sambutannya membuka acara tersebut seraya membacakan sambutan Bupati, Sugiono mengapresiasi kiprah dan peran Hidayatullah dalam membangun daerah terutama dalam pengembangan sumber daya insani melalui program mainstream dakwah dan pendidikan. Sekda pun berharap Hidayatullah khususnya di Kendal terus menjalin sinergi dengan pemerintah sebagaimana telah berjalan selama ini.


Baca juga: Rakerwil Hidayatullah Jawa Timur Umrahkan 15 Kader Dai


Pada kesempatan pembukaan Rakerwil Hidayatullah Jawa Tengah yang berlangsung di Hotel Tirto Arum pada tahun ini terasa istimewa sebab turut diisi arahan yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust. Dr. H. Nashirul Haq, Lc, MA. Banyak arahan yang beliau berikan, khususnya terkait tema yang diusung dalam Rakerwil ini yakni “Konsolidasi Jati Diri, Organisasi dan Wawasan Menuju Terwujudnya Standardisasi, Sentralisasi dan Integrasi Sistemik”.


Rakerwil ini diikuti oleh seluruh komponen organisasi, sementara dari DPP Hidayatullah bertindak sebagai pendamping Rakerwil yakni Marwan Mujahidin. Dari Wilayah hadir seluruh pengurus DPW (Dewan Pengurus Wilayah), DMW (Dewan Murabbi Wilayah), Organisasi pendukung (Muslimat Hidayatullah dan Pemuda Hidayatullah), BMH (Baitul Maal Hidayatullah), BTH (Baitut Tamwil Hidayatullah), SAR Hidayatullah, Pos Da’i Hidayatullah, dan Ketua Kampus Madya Semarang dan Kudus. Serta ada dari daerah hadir Pengurus Harian DPD Hidayatullah se-Jawa Tengah.


Selama 2 hari, yakni dari tanggal 7-8 Januari 2023, seluruh peserta memeras otak, saling berdiskusi, berargumen, guna menghasilkan program-program terbaik di tahun 2023 ini. Sejumlah program strategis yang diusung dalam Rakerwil tahun ini, diantaranya target-target pendirian Rumah Qur’an Hidayatulah (RQH), pendirian 2 sekolah baru setingkat SMP, pendirian badan usaha milik organisasi (BUMO), serta target peningkatan akreditasi sekolah dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Jawa Tengah, dan masih banyak program-program mainstream yang lain.



Rakerwil Hidayatullah Lampung, Rawat Semangat Dakwah


Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust. Abdul Ghofar Hadi, mengatakan Hidayatullah memiliki kultur khas yang sangat melekat yaitu menghidupkan dakwah dengan dikirimnya para kader untuk mengemban tugas kekhalifahan tersebut ke seantero bumi. Karenanya, mahasiswa S3 Program Studi Keluarga Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) ini mengajak kader untuk senantiasa merawat semangat dakwah dengan terus menumbuhkan kegelisahan terhadap kondisi umat yang belum tersentuh dakwah Islam.


Hal itu disampaikan Ust. Abdul Ghofar Hadi saat sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Hidayatullah Provinsi Lampung yang digelar di Kota Bandar Lampung dibuka Sabtu, 14 Jumadal Akhirah 1444 H (7/1/2023). Selain membacakan amanat Rakerwil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Ust. H. Nashirul Haq, Lc, MA, pada kesempatan tersebut Abdul Ghofar Hadi mengajak peserta melakukan terobosan dan berbagai kreasi yang memungkinkan terus merawat semangat perjuangan untuk menguatkan dakwah di kawasan ini.


Baca juga: STAIL Surabaya Peroleh Nilai Istimewa di Monev LPPD Pemprov Jatim


Sementara itu, Ketua DPW Hidayatullah Lampung Ust. Rusdi Hidayat menekankan perlunya penguatan program pada aspek pengembangan dan optimalisasi peran amal usaha dalam menunjang gerakan. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh seluruh pengurus DPW, pengurus DMW, pengurus DPD, pengurus Kampus Madya, utusan dari PW Pemuda Hidayatullah dan PW Muslimat Hidayatullah serta unsur amal amal usaha.


Dalam pada itu, Ust. Munawir dalam sambutannya mewakili Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Lampung mengingatkan untuk lebih dewasa dalam berorganisasi. Dia menekankan hendaknya perkuat niat dan ukhwah sebagai kunci dalam berjamaah. Rapat kerja wilayah Lampung kali ini terasa hidup dengan banyak usulan, tanggapan, dan masukan dari peserta Rakerwil. Semua departemen mendapatkan masukan program. Termasuk program DMW tentang halaqah, dauroh dan lailaltul ijtima.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5470208 Visitor
Hits :7277329 hits
Month :7493 Users
Today : 158 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?