Hidayatullah Kirim Khotib dan Hewan Kurban Ke Pedalaman

Posted on: 21 July 2021

Hidayatullah merupakan salah satu organisasi massa Islam besar di Indonesia. Fokus gerakannya adalah dalam pendidikan dan dakwah. Dalam program dakwahnya, Hidayatullah dikenal sebagai organisasi yang mampu menjangkau daerah terluar, tersulit, dan terdepan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Inilah beberapa kiprah dakwah Hidayatullah di moment Idhul Adha 1442 H.



Hewan Qurban Untuk Suku Dayak Muallaf


Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, lembaga Islamic Medical Service (IMS) bekerjasama dengan BMH, Pos Dai, dan DPD Hidayatullah Mahakam Ulu mulai melakukan pengiriman ekspedisi hewan qurban ke berbagai titik, salah satunya ke wilayah suku Dayak muallaf pedalaman (Suku Dayak) yang ada di Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (17/07/2021).


Ust Edy Harianto selaku Sekretaris DPD Hidayatullah Kabupaten Mahakam Ulu mengatakan bahwasanya hewan qurban ini nantinya akan di salurkan ke beberapa kampung muallaf yang ada di Kalimantan Timur, khususnya di daerah Mahakam Ulu.


Baca juga: BMH Ambil Peran Dalam Satgas Covid-19 Masa PPKM Darurat


“Ada beberapa kampung muallaf yang kita akan dituju pada kesempatan ini, diantaranya, Kampung Long Melaham ada 90 KK muallaf, Kampung Mamahak Ulu ada 50 KK muallaf dan Kampung Rukun Damai ada 45 KK muallaf,” Kata Edy.


Edy juga mengatakan bahwasanya masih ada beberapa kampung pedalaman yang belum tersentuh hewan kurban dikarenakan jumlah hewan yang masih kurang atau belum terpenuhi, diantaranya Kampung Long Apari dan Kampung Long Pangahai yang ada di daerah berbatasan Indonesia dan Malaysia.



Kirim Khatib ke Pegunungan Arfak Papua Barat


Karena harus menempuh perjalanan yang memakan waktu cukup lama dan dengan medan yang tidak mudah dilalui, Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Papua Barat melalui Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) melakukan pelepasan dai khutbah Idul Adha 1442 H ke Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat lebih awal.


Pengiriman dai ini dilakukan sehari sebelum memasuki Hari Raya Idul Adha 1442 H atau Idul Adha 2021 pada 10 Dzulhijjah 1442 H yang jatuh pada Selasa tanggal 20 Juli 2021. Pelepasan dai yang dilakukan oleh Ketua DPW Hidayatullah Papua Barat Ust Hasdar Ambal. Adapun dai yang bertugas adalah Ust Burhanuddin Ibnu yang turut dibersamai rekan lainnya selama perjalanan darat tersebut.


Baca juga: Hidayatullah Sikapi Pandemi Covid-19, Utamakan Keselamatan Jiwa


Dalam keterangannya, Ust Hasdar Ambal mengatakan beberapa kawasan binaan masyarakat muslim di pedalaman Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat termasuk titik dakwah yang tidak ringan terutama karena medan jalan dan jarak tempuhnya yang cukup menantang. Diketahui, Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat. Pegunungan Arfak adalah gugusan gunung yang membentang di bagian kepala burung Pulau Papua.


Ust Burhanuddin Ibnu dan dai dai yang bergiliran diutus ke Arfak memang harus berhitung dengan cermat untuk menuju ke kawasan ini. Khususnya memastikan keandalan armada yang digunakan harus betul betul tangguh dan tak sedang bermasalah. Dari Manokwari untuk menuju ke Kabupaten yang memiliki ketinggian 2.950 meter di atas permukaan laut (dpl) ini harus ditempuh oleh kendaraan double gardan atau four wheel drive (4WD).

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5143957 Visitor
Hits :6539230 hits
Month :2998 Users
Today : 131 Users
Online : 3 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi