Nasehat Di Tengah Pandemi

Posted on: 18 July 2021

Bismillahirrahmaanirrahim. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan untuk kita dan keluarga. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat serta istiqomah dalam beriman kepada Allah sampai akhir hayat.



Saudaraku, sebelum mengakhiri hidup ini dengan baik dan bisa bertanggungjawab kepada Allah dengan baik, mari kita perbaiki Islam kita secara intensif. Kita harus lebih banyak memperhatikan keimanan dan keislaman kita daripada perhatian kita dengan isu yang sedang nge-trend saat ini.


Dalam kondisi seperti saat ini yang sangat dibutuhkan adalah kedekatan kita kepada Allah Swt. Kita harus selalu intensif untuk jangka panjang dari sisa kehidupan kita di dunia dan proyeksi kehidupan kita selanjutnya yang abadi di akherat.


Baca juga: Menasehati bukan Mempermalukan


Ikhwanifillah, kita harus meyakini dalam keimanan kita bahwa jika bumi dan isinya tidak diurus dan diatur dengan aturan allah pasti berantakan dan kacau serta menimbulkan kerusakan. dan aturan itu hanya islam dengan syariatnya. Contoh Kongkritnya adalah yang saat ini kita alami. Ketika banyak kaum muslimin lebih mendahulukan akalnya daripada keimanan dan keislamanya. Lebih mengandalkan rasionalnya daripada syariat Islam.


Saudaraku, di tengah kondisi seperti saat ini persatuan dan kesatuan umat, tolong menolong, kebersamaan sangatlah diperlukan. Semua harus dirangkul, yang berbeda pendapatpun harus tetap kita ajak dan kita nasehati. Meskipun dampaknya kita dibuli, diledek, dimaki, diancam, bahkan dibunuh. Toh yang bisa mematikan kita hanyalah Allah.


Tidak akan ada, siapapun dan apapun, apalagi virus yang bisa mematikan kita, hanya allah yang menghidupkan dan mematikan kita dan semua makhluk hidup. Makhluk hanya bisa membunuh (قتل - qotala), bukan mematikan (أمات - amaata). Ini aqidah keimanan kita. Bukan logika sains kemanusian. Kalau ragu bisa fatal.


Baca juga: 4 Kesalahan Komunikasi Keluarga


Saudaraku, Allah telah berfirman Allah dalam Surat Al-Araf, ayat 164


(وَإِذۡ قَالَتۡ أُمَّةࣱ مِّنۡهُمۡ لِمَ تَعِظُونَ قَوۡمًا ٱللَّهُ مُهۡلِكُهُمۡ أَوۡ مُعَذِّبُهُمۡ عَذَابࣰا شَدِیدࣰاۖ قَالُوا۟ مَعۡذِرَةً إِلَىٰ رَبِّكُمۡ وَلَعَلَّهُمۡ یَتَّقُونَ)


"Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata, “Mengapa kamu menasihati kaum yang akan dibinasakan atau diazab Allah dengan azab yang sangat keras?” Mereka menjawab, “Agar kami mempunyai alasan (lepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan agar mereka bertakwa.” (Al-Araf: 164)


Kelak di akherat agar kita memiliki jawaban dihadapkan Allah bahwa tugas menyampaikan dan memahamkan, dan mengajak bersama melaksanakan terus saya usahakan selama masih ada kehidupan. Semoga allah membukakan hati dan akal fikiran kita untuk tetap beriman kepada allah sampai akhir hayat. Aamiiin.


Oleh: Hamba Allah - Aktifis Hidayatullah Surabaya

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5143962 Visitor
Hits :6539239 hits
Month :2995 Users
Today : 126 Users
Online : 4 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi