Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_pu97hcpo9r8idrfrb51em4uss3, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
Pandemi dan Solusi

Pandemi dan Solusi

Posted on: 3 June 2021

Jauh sebelum munculnya ujian Covid-19 kita sudah mengenal problematika umat. Dari berbagai materi kajian keagamaan dan dari multiperspektif analisis problematika umat menurut hemat penulis setidaknya terdapat lima problem keummatan yang kita hadapi.



Pertama, umat manusia saat ini berada dalam posisi lemah keyakinan atau iman. Kedua, belum berpedoman pada ajaran agama dengan baik. Ketiga, kualitas ibadah atau mengabdi kita kepada pemilik alam jagad ini lemah. Keempat, tidak tertarik untuk amar ma’ruf nahi mungkar atau berdakwah, dan Kelima krisis kepemimpinan, banyak umat manusia saat ini belum memiliki pemimpin ideal sesuai yang mereka harapkan.


Solusi atas Problematika


Lalu bagaimana solusi kelima problematika umat tersebut. Untuk menjawab kelima problem tersebut sebenarnya mudah secara konsep, namun dalam realita dibutuhkan langkah-langkah strategis dan mujahadah atau ikhtiar secara maksimal.


Solusi pertama, yaitu memperkuat iman atau keyakinan, dengan iman kuat apapun tantangan hidup yang dihadapi seseorang akan bisa dilalui dengan baik.


Solusi kedua, kembali merujuk pada ajaran agama dalam menghadapi berbagai persoalan, termasuk ujian Covid-19, mengurangi untuk merujuk pada sumber lainnya.


Baca juga: Kunci Hidup Bahagia


Solusi ketiga, hendaknya umat manusia meningkatkan kualitas ibadahnya, bahasa lainnya adalah tekun beribadah. Dengan tekun beribadah, berbagai persoalan yang dihadapi bisa dikomunikasikan dengan sang Khaliq (pencipta) dan mengadu kepadanya.


Solusi keempat yaitu menggerakkan amar ma’ruf nahi mungkar atau berdakwah sesuai kemampuan dan kondisi yang ada. Dan solusi kelima, yaitu berusaha mencari teman, sahabat yang baik atau hidup dalam suatu komunitas atau jama’ah agar terbangun tradisi saling menasehati. Bila kita belum memiliki pemimpin sesuai yang kita harapkan, maka setidaknya kita mencari lingkungan bergaul atau berinteraksi dengan orang yang bisa diajak saling menguatkan dalam berbuat kebaikan.


Posisi Pandemi


Lalu di mana posisi ujian pandemi Covid-19 dalam kajian problematika umat? Bila dilihat secara holistik, ujian Covid-19 yang sedang melanda umat manusia saat ini, berhubungan dengan kelima persoalan keumatan tersebut. Umat manusia sudah lama terjangkiti penyakit lemah iman, penyakit tidak berpedoman pada ajaran agama dalam mencari solusi hidup,


Penyakit malas dan tidak mau beribadah dengan baik juga sudah lama ditinggal para penganut beragama, penyakit tidak tertarik amar ma’ruf nahi mungkar atau berdakwah juga terus menggerogoti umat beragama, dan penyakit tidak mau hidup dalam komunitas atau hidup berjama’ah tapi cenderung hidup individualis juga sudah menjadi penyakit lama umat beragama.


Baca juga: Pentingnya Dekat Dengan Ulama


Puncak dari berbagai penyakit keummatan tersebut Sang Khaliq (Pencipta) akhirnya menguji umat manusia dengan munculnya salah satu penyakit berupa virus corona yang melanda umat manusia saat ini.


Semoga tulisan ini menjadi “matan” untuk lahirnya tulisan-tulisan problematika keummatan berikutnya dan menjadi “syarah” nya, hanya kepada Allah kita mohon petunjuk dan pertolongan. Wallahua’lam bish showab.


Oleh: Mashud Sasaki- Ketua STAI Luqman Al Hakim Surabaya

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6008252 Visitor
Hits :8262101 hits
Month :6247 Users
Today : 839 Users
Online : 18 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?