Kunci Hidup Bahagia

Posted on: 28 May 2021

Betapa banyak orang meratap, mengeluh dan galau. Hendak pergi, hujan turun, ia pun merintih. “Baru mau jalan, hujan, hadeh…” Begitu pun sebaliknya, kala ada keinginan keluar rumah dan ternyata mentari begitu menyengat maka ia pun mengaduh. Bahagia pada orang seperti ini akan jauh, karena ia tidak memiliki kuncinya.



Kunci bahagia itu sudah diumumkan jauh-jauh hari oleh Allah dan Rasul-Nya, yakni dengan bersyukur. Bersyukur itu menyadari bahwa ada limpahan nikmat yang sangat mendasar yang Allah berikan kepada kita tanpa harus meminta, berdoa atau pun ibadah dan beramal.


Seperti nikmat iman, sehatnya badan, jernihnya pikiran dan beningnya hati. Semua itu adalah nikmat yang harusnya mengantarkan diri selalu bahagia dan progresif dari waktu ke waktu.


Jadi, bersyukur itu menghindari seseorang dari pikiran buruk dan perasaan jelek hanya karena sebuah keadaan yang tak sesuai keinginan dan harapan. Ketika hendak pergi dan tak lama hujan turun, maka ia sadar, hujan itu rahmat Allah dan tak mungkin dikendalikan apalagi disesuaikan dnegan keinginan masing-masing orang.


Di sisi lain, syukur akan menjadikan seseorang mengerti bagaimana memiliki perspektif benar, husnudhon billah dan menggugah, sehingga energinya tidak tiba-tiba drop dan lemah semangat.


Sederhananya orang bersyukur itu akalnya tetap sehat, hatinya tetap jernih dan ia tidak pernah dilanda oleh keluh kesah, putus asa, pesmistis atau pun apatis.


Bersyukur dan berbahagialah dengan hal yang bermanfaatBersyukur dan berbahagialah dengan hal yang bermanfaat
Seperti Nabi Yusuf Alayhissalam, yang sejak kecil telah mendapati ujian demi ujian berat. Mulai dari dilempar ke sumur hingga menjadi budak dan dijual-belikan, lalu difitnah dan akhirnya mendekam dalam penjara.


Nabi Yusuf tetap bersyukur, yakni tetap optimis bahwa mimpi besarnya yang diterima saat kecil dan disampaikan penjelasannya oleh sang ayah Nabi Ya’kub alayhissalam benar-benar akan terwujud. Maka, Nabi Yusuf terus berjuang bagaimana kenyataan itu sampai dalam hidupnya.


Jadi, bersyukur menjadikan seseorang yakin akan janji Allah dan nikmat yang terus melimpah dalam hidupnya atas kemurahan-Nya.


Selain itu, bersyukur mendorong setiap jiwa menampakkan pengaruh baik dari nikmat Allah yang adda dalam dirinya, sehingga orang lain dapat mengambil pelajaran, semangat bahkan solusi dalam menghadapi permasalahan hidupnya.


Dalam menghadapi masalah rumus penyelesaiannya bukan pada keluhan, kegelisahan dan pesimis. Tetapi memperhatikan apa yang bisa dikuatkan di dalam diri.


Seorang pelajar yang banyak berhadapan dengan tugas virtual, hendaknya tidak sebatas kesal karena merasa ribet dan sebagainya.


Coba lihat apa yang mungkin dikerjakan lebih dahulu dan apa kekurangan yang harus diatasi agar enjoy dalam menjalankan tugas, sehingga dalam waktu berikutnya tugas bukan lagi beban, tetapi tantangan yang menggugah.


Dalam konteks yang lebih umum, permasalahan yang menimpa seseorang hendaknya tidak melalaikan diri dari mengingat dan melihat nikmat yang telah Allah berikan.


Sahabat saya Syaiful Anshor menulis dalam bukunya yang membahas soal Bersyukur Tanpa Kendur, “Fokuslah pada nikmat yang telah diberi sembari melejitkan potensi yang ada. Jangan pernah merasa gundah gulana berkepanjangan.”


Belajarlah pada orang Palestina di Gaza, mereka tidak punya rumah, tidak bisa tidur seperti kita, dan sewaktu-waktu bisa kena serangan bom ‘Israel’ tetapi kala ditanya apa kabar, mereka mengatakan, “Alhamdulillah.” Keren bukan!*


Oleh: Imam Nawawi - Ketua Umum Pemuda Hidayatullah

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5192047 Visitor
Hits :6639824 hits
Month :2825 Users
Today : 147 Users
Online : 5 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi