Kehebatan Orang Palestina

Posted on: 23 May 2021

Pertanyaan apa yang menjadikan orang Palestina hebat, termasuk yang sangat penting diutarakan oleh setiap insan. Sebab, pada dasarnya, orang menghendaki kehidupan yang aman dan nyaman, sehingga adalah satu hal yang luar biasa jika kemudian hal ini tidak dimiliki oleh orang-orang Palestina.



Mereka memilih bertahan di Palestina, mempertahankan Masjid Al-Aqsha dengan taruhan harta, darah, jiwa bahkan nyawa. Sebagai gambaran betapa tidak mudah hidup di Gaza bisa kita perhatikan satu sisi kehidupan mereka.


Semua barang keperluan hidup sehari-hari di Jalur Gaza sungguh mahal. Mulai dari tepung untuk membuat khubz (roti makanan sehari-hari) yang harus mereka bayar dengan mata uang penjajah Zionis yaitu sheqel, sampai beras, mulai dari minyak untuk memasak, apa lagi pakaian. Harga 2 kilo beras di Gaza sekitar 15 sheqel atau sekitar Rp 32.500. Namun, mengapa orang Palestina memilih “akrab” dengan kesulitan itu?


Negeri Kami


“Ini adalah negeri kami. Ini adalah bumi ribath,” kata seseorang yang telah kehilangan banyak keluarganya akibat agersi militer yang dilakukan Yahudi.


Baca: Digitalisasi Sekolah


Di Palestina ada semangat iman, ilmu, amal. Lebih jauh dalam dimensi keimanan, Palestina adalah negeri para Nabi dan Rasul, bahkan tidak sedikit sahabat Nabi Muhammad SAW yang hijrah ke Palestina.


Lebih jauh, ulama-ulama besar kelas dunia juga banyak yang lahir dari Palestina. Beberapa di antaranya, Imam Syafi’i, yang lahir di Gaza. Kemudian Ibn Hajar Al-Atsqalani. Lebih mendalam lagi, semakin sulit kehidupan yang mereka hadapi dari sisi fisik dan materi, mereka semakin dekat dengan Alquran.


Tidak heran, di Palestina, dalam situasi perang, banyak anak-anak cerdas karena dekatnya mereka dengan Alquran. Bahkan, dalam situasi perang dan tidak aman, Alquran terus menjadi pelajaran utama dan pertama di Palestina.



Dr. Abdurrahman Jamal Yusuf pendiri Yayasan Darul Quran was Sunnah di Gaza mengatakan, “Alquran mengajarkan kami untuk sanggup bertahan melawan gempuran serangan Israel.”


Jadi, di balik musibah berupa penjajahan Yahudi Zionis atas warga Palestna, ada berkah yang terus melimpah, yakni kedekatan mereka dengan Alquran dan kesadaran mereka bahwa jihad adalah jalan terbaik mengisi kehidupan dunia ini.


Pengingat Muslim Dunia


Ketika warga Palestina, utamanya di Gaza mengisi kehidupan dunia dengan pandangan ukhrowi, di banyak tempat lain, sebagian umat Islam sudah tidak lagi komit dengan ajaran mulianya.


Kata Salman Al-Audah dalam bukunya “Terima Kasih Musuhku” mereka saling benci, suka saling menjatuhkan, memfitnah dan berpecah belah. Tidak dekat dengan syariat dan jauh dari Alquran.


Baca: Digitalisasi Zakat


Kala membandingkan hal tersebut, kita patut bersyukur kepada Allah atas apa yang terjadi di abad modern ini. Sebagian umat Islam bisa memandang apa sebenarnya dunia secara jelas dan tegas.


Seorang kolega mengatakan kepada saya, “Sejarah akan berulang, Israel masih diberi eksistensi sebagai sarana tarbiyah umat zaman sekarang. Kalo ga ada Palestina, mungkin kita semakin lalai.”


Alhamdulillah. Jadi, mari bersyukur dan berterimakasih kepada Muslim di Gaza, All-Quds dan seluruh Palestina, yang rela bersabar, tabah dan tegar dalam menghadapi penjajahan Zionis Yahudi.


Tanpa (kehendak Allah melalui) mereka (keikhlasan orang Palestina), mungkin sebagian besar umat Islam telah terlena oleh kesenangan dunia yang menipu, mudah berseteru dengan sesama dan benar-benar kehilangan arah.


Oleh: Imam Nawawi, M.Pd.I - Aktifis Pemuda Hidayatullah tinggal di Bogor

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5192015 Visitor
Hits :6639719 hits
Month :2824 Users
Today : 148 Users
Online : 5 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi