Siluqim Raih Medali Lomba Internasional Bergengsi IMSO dan ASMOPSS X

Posted on: 28 January 2021

Alhamdulillahi alaa kulli haalin wanimatin. Pekan kemarin menjadi pekan yang sangat spesial untuk SD Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. Sekolah ber-tagline "Sekolah Tauhid, Sekolah Para Juara" ini berhasil menorehkan prestasi besar.



Dua Lomba internasional terbesar dan bergengsi, IMSO dan ASMOPSS X berhasil dimenangkan setelah melalui seleksi ketat dan persaingan yang sengit. Sekolah yang beralamat di Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya ini menjadi satu-satunya Sekolah yang bisa ikut Kompetisi secara lengkap Mathematics dan Science serta mampu memenangkannya.


Raihan ini terasa sangat istimewa karena selain tingkat kesulitannya dalam kompetisi juga Konsistensi dalam meloloskan peserta serta memenangkannya. Tercatat selama keikutsertaan lomba, sekolah di pinggiran Kota Surabaya ini berhasil mmbuktikan konsistensi dalam meraih medali ASMOPSS X.


Pada tahun 2017 meraih Silver medal Science, tahun 2018 memenangkan Silver medal Science, tahun 2019 membawa pulang Bronze medal Mathematics, tahun 2020 membawa pulang Silver medal Science, dan pada edisi terakhir menjuarai Gold Medal Mathematics. Prestasi yang tentu saja tak biasa.


Berikut ini hasil lomba International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2021 & Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary and Secondary Schools (ASMOPSS) edisi ke-sepuluh selengkapnya:
1. DAFFA ATHA ARKANA, siswa kelas 6C meraih Gold Medal Mathematics ASMOPSS X dan Bronze Medal Mathematics IMSO
2. MUHAMMAD FAWWAZ ARIB, siswa Kelas 6D memenagkan Silver Medal Science ASMOPSS X dan Bronze Medal Science IMSO


Ust. Adi Purwanto, M.Pd, Kasek SD Luqman Al Hakim Surabaya mengaku sangat bersyukur atas prestasi bergengsi ini. "Alhamdulillah, bagaikan oase di padang gurun yang mampu menyegarkan dahaga. Terima kasih untuk tim olimpiade Siluqim dan para walimurid SD Luqman Al Hakim Surabaya atas ikhtiar dan mujahadahnya. Selamat atas prestasinya anak-anak, kalian sungguh luar biasa", ucap beliau.



International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2021 digelar pada 20-24 Januari 2021 secara daring. Lomba ini mengusung tema Smart, Skilled, and Creative in a Joyful Competition for Excellent, bertempat di Bogor, Jawa Barat. IMSO merupakan ajang bergengsi dan menjadi kesempatan emas bagi para pelajar Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang Matematika dan Sains. IMSO diharapkan dapat menjadi momentum bagi pelajar Indonesia untuk berprestasi di tingkat internasional.


Tercatat sebanyak 15 negara dan 252 delegasi mengikuti IMSO edisi 2021. Negara-negara yang berpartisipasi antara lain India, Filipina, Bulgaria, Cina, Hong Kong, Korea Selatan, Kazakhstan, Singapura, Vietnam, Iran, Taiwan, United Emirat Arab, Afrika Selatan, Malaysia, dan Indonesia.


Sedangkan Asian Science and Mathematics Olympiad for Prymary & Secondary Schools (ASMOPSS) edisi ke-sepuluh diselenggarakan pada 16-17 Januari 2021 mendatang secara online dari negara masing-masing peserta. ASMOPSS merupakan lomba sains dan matematika tingkat Sekolah Dasar dan Menengah pertama kawasan Asia.


Total peserta dari Indonesia yang mengikuti Road to ASMOPSS X sebanyak 850 siswa dari puluhan sekolah bergengsi. Peserta yang lolos, mewakili Indonesia bersaing dengan peserta dari negara-negara di kawasan Asia diantaranya, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan lan sebagainya. ASMOPSS X ditujukan untuk menjadi salah satu kompetisi yang mendorong siswa khususnya siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama untuk mengeksplorasi tanpa batas dan dapat menemukan minat yang dimilikinya dalam suasana yang menyenangkan. (humassdilh)

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5170855 Visitor
Hits :6599264 hits
Month :2612 Users
Today : 161 Users
Online : 7 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi