Amalan Istimewa Bulan Syaban

Posted on: 19 March 2021

Bulan Syaban merupakan bulan yang ke-8 dalam penggalan tahun Hijriah. Syaban terletak diantara dua bulan yang dimuliakan oleh Allah, yakni Rajab dan Ramadhan. Syaban adalah bulan yang penting dalam kehidupan umat muslim. Selain karena menjadi bulan terdekat dengan Ramadhan, bulan ini sebagai persiapan untuk menghadapi puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi, salah satu bulan yang mulia ini seringkali dilalaikan oleh umat Islam.



Di bulan inilah, amal-amal perbuatan manusia diangkat dan dilaporkan kepada Allah Swt. Maka, berpuasa di bulan Syaban adalah amal yang utama. Beramal dan menghidupkan syiar di saat manusia lain lalai memiliki keutamaan tersendiri. Selain itu, puasa di bulan Syaban diartikan sebagi bulan penyambutan dan pengagungan akan datangnya Ramadhan.


Peristiwa penting di bulan Syaban, pertama peralihan kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram. Allah Swt memerintahkan Nabi Muhammad Saw untuk mengalihkan kiblat pada malam selasa bulan Syaban yang bertepatan dengan malam Nisfu Syaban. Kedua, penyerahan amal manusia kepada Allah Swt. Di Bulan Syaban inilah seluruh rekapitulasi amal dilaporkan kepada Rabb Semesta Alam. Ketiga, diturunkannya ayat tentang anjuran ber-shalawat kepada Rasulullah Saw.


Amalan di Bulan Syaban


Di antara amalan-amalah yang dianjurkan pada bulan Syaban, antara lain:
1. Puasa Sunnah. Rasulullah Saw lebih banyak melakukan ibadah puasa sunnah di bulan Syaban, dibanding dengan bulan-bulan yang lain. "maka aku suka supaya amal ibadah ku diangkat ketika aku berpuasa” (Riwayat Nasai).


2. Bertaubat dan Beristighfar. Amal ibadah ini dapat dilakukan kapan saja. Perlu ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya mengingat Ramadhan semakin mendekat. Hendaknya melakukan taubat nasuha dengan cara meninggalkan dosa dan maksiat, benar-benar menyesali dan merasa sedih dengan perbuatan maksiat dan berjanji untuk tidak akan melakukannya lagi.


3. Memperbanyak Zikir dan Doa. Allah berfirman, “Orang-0rang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram” (Ar-Arad: 28)


4. Shalat Sunnah Qiyamullail di bulan Syaban ini perlu ditingkatkan. Mengingat di bulan Ramadhan disunnahkan melakukan Tarawih. Hal ini sebagai persiapan sekaligus pembiasaan.


5. Memperbanyak Bersedekah. Bersedekahlah sejak Syaban, sebagai amal persiapan di bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda, ”Jauhkanlah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma,” (Muttafaqun alaih)


6. Ibadah di malam Nisfu Syaban. Malam nisfu Syaban termasuk malam-malam yang dikabulkan doa. Kita dianjurkan menghidupkan malam nisfu Syaban dengan memperbanyak beribadah seperti shalat sunat dan berdoa, berzikir dan membaca Al-Quran.


Demikianlah beberapa amalan di bulan Syaban yang jika dilakukan dengan penuh kesungguhan insya Allah akan mengantar kita lebih siap menyambut Ramadhan dengan hati yang bersih dan jiwa yang suci. Beiring doa “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Syaban, karuniakan taufiq pada kami di dalamnya dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.”


Oleh : Umi Khoirin Nida - Mompreneur tinggal di www.annidafashion.com

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5192052 Visitor
Hits :6639853 hits
Month :2826 Users
Today : 148 Users
Online : 3 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi