5 Tips Sukses Hari Pertama Masuk Sekolah

Posted on: 20 October 2020

Hari pertama masuk sekolah perlu dipersiapkan oleh orang tua agar putra-putrinya sukses dalam beradaptasi dengan lingkungan baru serta menghindari kecemasan dan ketakutan anak.



Kondisi anak pertama kali masuk sekolah sangatlah beragam. Ada yang menangis, mogok, tantrum, mengamuk, dan lain sebagainya. Hal seperti ini seringkali membuat orang tua hilang kesabaran. Ketika menjumpai anak yang bermasalah ketika pertama kali masuk sekolah, tidak sedikit orang tua yang bingung bagaimana cara mengatasinya.


Masuk lingkungan baru tentu saja membuat anak merasa cemas dan takut. Terlebih ketika masuk kelas 1 Sekolah Dasar, dimana jenjang SD merupakan tahap peralihan anak dari Taman Kanak-Kanak. Saat berada di Taman Kanak-Kanak, anak mungkin lebih banyak bermain. Sedangkan di SD, anak sudah memiliki tanggung jawab belajar yang berbeda dengan di TK.


5 Tips Hari Pertama Sekolah


Untuk mengatasi permasalahan seperti tersebut di atas, berikut ini beberapa tips agar anak nyaman ketika pertama kali masuk sekolah


1. Mengenalkan lingkungan sekolah


Sebelum memilih sekolah sebaiknya mengajak putra-putrinya melihat-lihat lingkungan sekolah dan kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Dengan demikian anak akan melihat dan mendengar hal-hal menarik yang dilakukan di sekolah tersebut. Sehingga memberikan kesan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sekaligus juga membuatnya aman.


2.Memberi gambaran dan tujuan sekolah


Ayah bunda bisa menunjukkan video pembelajaran dan suasana sekolah. Bisa juga menyanyikan lagu mengenai senangnya bersekolah. Atau membuat cerita sebelum tidur dengan tema sekolah. Ini sebagai cara untuk mempersiapkan anak masuk sekolah.


3.Mengajarkan sikap mandiri


Mengajarkan kemandirian membutuhkan ketelatenan. Setiap anak memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Mengajarkan kemandirian sedikit demi sedikit agar memiliki kepekaan mental dan emosi yang lebih terlatih. Dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana, misalnya membuang bungkus bekas jajanan, memakai baju sendiri, makan sendiri, dan sebagainya. Hingga anak tidak sepenuhnya bergantung pada orang lain.


4. Mengantar anak di hari pertama masuk sekolah


Usai melakukan berbagai langkah mempersiapkan anak sebelum masuk sekolah, saatnya mengantar si kecil. Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ditinggalkan oleh orangtuanya. Bila anak meminta terus-terusan ditemani, jangan dituruti agar hal tersebut tidak menjadi kebiasaan.


Beberapa orangtua justru melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan potensi kecemasan berlebih pada anak saat akan berpisah dengan kita. Memasang muka sedih, terlalu lama di halaman sekolah atau area yang dapat dilihat anak, atau bahkan ikut menunggu mereka di kelas merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan potensi gangguan kecemasan berlebih anak kita saat berpisah dengan orangtuanya.


5.Memberi apresiasi


Apabila anak berhasil menjalani hari pertamanya bersekolah dengan baik, berikan apresiasi kepadanya agar si kecil semakin termotivasi dan betah di sekolah. Apresiasi dapat berupa pujian lisan, mengajak jalan-jalan sebagai reward agar anak lebih bersemangat sebagai langkah untuk mempersiapkan anak masuk sekolah keesokan harinya.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa ayah dan bunda coba agar si kecil tak rewel ketika hari pertama masuk sekolah. Semoga bermanfaat. (Diambil dari berbagai sumber)


Oleh: Masfufah, MA - Koordinator BK SD Luqman Al Hakim Surabaya

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6021671 Visitor
Hits :8282741 hits
Month :6623 Users
Today : 464 Users
Online : 24 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?