8 Tips Sukses Hadapi Ujian Sekolah

Posted on: 21 November 2020

Di setiap akhir semester, sekolah akan menggelar ujian untuk siswanya. Ujian sekolah ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pembelajaran siswa. Sejauh mana siswa memahami dan menangkap materi pelajaran yang telah disampaikan. Semua siswa tentu berharap bisa sukses dan meraih nilai maksimal dalam menghadapi ujian sekolah.



Ujian sekolah bukanlah hal yang perlu ditakuti. Akan tetapi, setiap siswa harus mempersiapkan diri untuk menghadapi  mengerjakan ujian dengan baik. Tidak sedikit siswa yang merasa cemas ketika mendekati masa ujian sekolah. Rasa cemas dan khawatir itu salah satunya disebabkan oleh kurangnya persiapan dalam menghadapi Ujian. Bahkan tidak sedikit pula siswa yang tidak tahu hal apa saja yang harus dipersiapkan.


Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah


Nah, berikut ini 8 tips sukses dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian sekolah agar kamu lebih tenang dan percaya diri.


1. Pikirkan Hal-hal Positif


Dengan memikirkan sesuatu yang positif, maka mood atau suasana hati  anak  akan merasa lebih baik. Sugesti yang baik akan memberi  efek yang baik pula. Memikirkan hal positif contohnya memikirkan bahwa anak bisa mengerjakan ujian dengan lancar dan benar. Pikirkan bahwa anak mendapatkan nilai yang cukup dan merasa lega karena telah menghadapi ujian dengan sukses. Jadi, selalu pikirkan hal-hal positif agar  anak bisa mendapatkan efek yang positif juga.


2. Belajar dari Jauh-Jauh hari


Belajar dari jauh-jauh hari, Mungkin ini sudah sering kita dengar namun jarang di praktekkan. Belajar dari jauh-jauh hari bisa meningkatkan ingatan anak.  Selain itu, yang pasti belajar dari jauh-jauh hari akan meringankan beban anak dalam belajar. Bila anak merasa jenuh akibat belajar terus-menerus tanpa henti, bapak/ibu  dapat menerapkan sistem belajar ala Jerome Polin, yaitu belajar dengan metode 50 10. Apa sih metode 50 10 itu? Nah, metode tersebut mengalokasikan waktu belajar selama 50 menit, kemudian diselingi waktu istirahat selama 10 menit. Apabila kita memaksakan untuk terus belajar tanpa jeda sedikit pun, kemungkinan besar anak akan sulit   untuk mencerna materinya .


3. Menetapkan Target


Target dapat menjaga anak  tetap termotivasi dalam belajar. Dengan adanya target, anak jadi tahu apa yang sebenarnya ingin  dicapai. Target juga dapat membantu anak mengetahui sebanyak apa materi yang harus dipelajari, juga sebesar apa usaha yang harus  dilakukan.


4. Perbanyak Latihan Soal


Latihan, latihan, dan latihan. Latihan soal itu penting, karena dapat meningkatkan kemampuan anak untuk menjawab berbagai jenis soal yang kemungkinan akan diujikan. Mereview pelajaran yang sudah dipelajari, akan memudahkan anak jika ada kesulitan, anak masih ada waktu untuk  belajar lagi.


5. Istirahat yang cukup


Istirahat merupakan hal yang harus dilakukan ketika anak akan melaksanakan ujian. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi risiko tidak enak badan atau bahkan sakit. Istirahat bisa dilakukan dengan berbagai macam, seperti diam di rumah, tidak melakukan aktivitas yang berat, dan tidur. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan terasa semakin segar dan terhindar dari rasa kelelahan. Maka dari itu, sebelum melaksanakan ujian, tubuh harus diistirahatkan dengan cukup agar anak bisa melaksanakan ujian dengan maksimal.


6. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi


Ujian merupakan hal yang penting untuk diikuti, maka dari itu berbagai macam penghambatnya, seperti sakit, harus kita minimalisir. Salah satu cara untuk meminimalisir penyakit yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi


7. Refreshing


Refreshing juga merupakan komponen yang   harus kita lakukan ketika  anak hendak melaksanakan ujian. Mengapa? Karena refreshing dapat menyegarkan otak dan tubuh anak yang penat karena terlalu banyak beban pikiran termasuk memikirkan ujian dan pelajaran, maka dari itu, jangan lupa segarkan pikiran anak agar otaknya  kembali fresh. Refreshing bisa dilakukan dengan berbagai macam aktivitas baik sendirian, bersama keluarga, atau bersama teman-teman  dalam suasana yang menyenangkan.


8. Berdoa 


Tips yang terakhir yang  tidak kalah penting adalah anak harus berdoa sebelum ujian atau belajar, agar apapun yang dikerjakan dapat membuahkan hasil yang baik. Kita hanyalah berusaha dengan maksimal. Masalah  hasil kita kembalikan ke tangan Allah.


Semoga ujian sekolahmu sukses serta mendapatkan hasil terbaik. Ingatlah bahwa ujian sekolah merupakan cara untuk mengukur sejauh mana kamu bisa mengikuti dan memahami pelajaran yang telah disampaikan. So, janganlah bersedih, hadapi ujian sekolah dengan hati yang riang.


Oleh: Masfufah, MA – Koordinator BK SD Luqman Al Hakim Surabaya


 

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :3891635 Visitor
Hits :4609474 hits
Month :3042 Users
Today : 524 Users
Online : 55 Users




Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara








Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi