Hidayatullah Bangun Ekonomi Keummatan Berbasis Digital

Posted on: 13 September 2020

Jakarta - Organisasi masyarakat (ormas) Islam Hidayatullah optimis dapat membangun ekonomi berbasis komunitas di lingkungan komunitas Hidayatullah, melalui kerja sama dengan PT Visi Jaya Indonesia dan juga bersama PT Niaga Bintang Indonesia.



Ketua Bidang Perekonomian Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Asih Subagyo mengatakan bahwa tujuan kerja sama ini adalah pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang pesat sehingga kekuatan ekonomi Hidayatullah semakin terbangun. Hal itu disampaikan saat pertemuan Hidayatullah bersama kedua PT tersebut bertempat di Kantor DPP Hidayatullah (9/9/2020).


“Tujuan Kerja sama ini adalah memanfaatkan teknologi informasi, termasuk e-commerce, e-money dan lain sebaginya, sebagai tahapan membangun kekuatan ekonomi berbasis digital, untuk mengintegrasikan semua potensi ekonomi Hidayatullah” jelasnya.


Karena itu, Asih menjelaskan bahwa jika hal ini dapat segera terealisasi maka akan terbangunya kekuatan platform e-commerce yang ada disetiap jaringan Hidayatullah diseluruh Indonesia.


“Target terdekatnya yang ingin kita capai adalah terbagunnya platform e-commerce yang bisa diakses oleh seluh jaringan hidayatullah, dengan memanfaatkan e-money (eidupay), untuk mengembangkan closed loop economy dengan memanfaatkan cashless society” ucapnya.


Asih mengatakan bahwa ada alasan kuat Hidayatullah berkeja sama dengan PT Visi Jaya Indonesia dan PT Niaga Bintang Indonesia. Salah satu alasanya ialah adanya kesamaan visi yang sama-sama ingin membangun kekuatan ekonomi keummatan. Asih mengatakan bahwa tentunya ini merupakan sebuah kesempatan yang baik, karena membangun ekonomi keummatan memang dibutuhkanya kerja sama.


“Tentunya kerja sama ini ada karena memiliki kesamaan visi dan misi dalam melakukan pemberdayaan dan pengembangan ekonomi umat, sehingga umat Islam menjadi tuan di negeri sendiri, menjadi golongan tanfan di atas, bukan tangan di bawah, dst. Semuanya itu bermuara demi tegaknya peradaban Islam”


Jika kerja sama ini berjalan lancer dan sesuai harapan maka platform ini akan menadi lading market bagi setiap jamaah Hidayatullah untuk menyediakan barang jualan mereka dan juga diberi kebebesan untuk mengatur e-commerce dan e-money sebagai alat pembayaran sah pada platform tersebut.


“Tentunya jaringan Hidayatullah bisa menyiapkan produk, market, serta pengelola (manajemen) dari e-commerce dan e-money. Disamping itu juga Hidayatullah akan menjamin setiap proses akad-akadnya, serta kedepan menjamin produk halal dari Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah, yang sementara ini masih proses di Badan Penyelenggara Jaminan Produl Halal”


Asih mengajak kepada seluruh komunitas Hidayatullah untuk memanfaatkan sebaik-baiknya platform ini, sehingga visi membangun kekuatan ekonomi keummatan dapat tercapai.


“Mari kita manfaatkan platform yang kita miliki ini untuk menjadi sarana kemandirian ekonomi umat. Kini saatnya kita memproduksi sendiri, memasarkan sendiri, membiayai sendiri dan memanfaatkan produk sendiri” jelasnya.


Dalam penandatanganan MOU antara Hidayatullah dan juga dua PT tersebut, Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq yang juga membubuhkan tanda tangan sebagi saksi tersebut menyampaikan bahwan”Hidayatullah terus berupaya memanfaatkan Teknologi Digital dalam pengembangan Organisasi, termasuk dunia usaha yang jadi prioritas”


Demikian juga Direktur Balimuda Group, yang menaungi dua perusahaan tersebut, Ir.Heppy Trenggono, M.Kom, juga menyampaikan bahwa “kerja sama ini dapat mengutkan perekonomian Hidayatullah, terutama memasuki era digital saat ini. *hidayatullah.or.id

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :3712197 Visitor
Hits :4334871 hits
Month :3459 Users
Today : 531 Users
Online : 16 Users




Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara








Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi