Muliakan Al Quran dan Penghafalnya BMH Dirikan Rumah Tahfidz

Posted on: 6 September 2020

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) adalah lembaga amil zakat nasional di bawah naungan ormas Hidayatullah. Berfungsi sebagai penghimpun dana umat dari infaq, sedekah, wakaf, dsb, BMH berkomitmen dalam perjuangan dakwah Islam. Mendirikan pesantren dan rumah tahfidz adalah salah satu programnya. Memuliakan Al Quran dan penghafalnya, BMH membantu pendirian pondok dan rumah Thfidz hampir di seluruh Indonesia. Berikut ini liputannya.



Peletakan Batu Pertama Pesantren Tahfidh ke 7 di Jawa Timur


Melalui program dakwah dan pendidikan, BMH Perwkailan Jawa Timur memperluas jangkauan pengabdian kepada umat dengan kembali mendirikan pesantren tahfidh yang kini berlokasi di Batu Permata, Kota Pasuruan. “Pesantren ini adalah Pesantren Tahfidh Darul Hijrah dan merupakan pesantren ke tujuh yang dibangun oleh BMH di Jawa Timur dan sekarang memulai peletakan batu pertama pembangunan asrama,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur, Imam Muslim (4/9).


Hadir dalam agenda tersebut Ketua DPW Hidayatullah Jawa Timur, Ustadz Muhammad Syuhud beserta para tokoh masyarakat setempat serta Perwakilan BMH Jawa Timur. Secara langsung program ini diinisiasi dan dikawal oleh BMH Jawa Timur Gerai Pasuruan dimana diharapkan dapat mewujudkan optimalisasi tanah wakaf untuk pelayanan umat melalui pendidikan pesantren bagi masyarakat dhuafa.


“Asrama ini dibangun atas lahan wakaf dari Hj. Yulianingsih Soenaryo seluas 245 meter persegi di tengah Kota Pasuruan, tepatnya di lingkungan Perumahan Sunan Ampel, Kelurahan Petamanan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. “Semoga pembangunan ini berjalan lancar, sehingga dapat segera melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan religius, beradab,” tutup Muslim.



Bantu Pendirian Pesantren Tahfidz Cahaya Alquran di Kaliurang


Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan DI Yogyakarta dengan varian program dakwah, sosial, ekonomi dan pendidikan, terus melakukan beragam program yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan baru-baru ini, lembaga yang beralamat di Jalan Kaliurang, Yogyakarta tersebut mendirikan pesantren Tahfidz Cahaya Alquran yang berada di Pakem, Sleman. Tepatnya 10 Km dari lereng gunung Merapi.


Kepala Divisi Program BMH Yogyakarta Syai’in Kodir menyampaikan, pendirian pesantren tersebut bermula hasil dari amanah rumah wakaf yang diamanahkan ke lembaganya. “Alhamdulillah, amanah wakaf berupa tanah dan bangunan dari donatur sudah kami realisasikan dengan mendirikan Pesantren Tahfidz. Untuk angkatan pertama, kami terima maksimal 15 santri baru,” terangnya (3/9).


Ia menambahkan, tidak membutuhkan waktu lama dalam pendirian Pesantren Tahfidz tersebut. “Sejak terima amanah wakaf dari donatur, kami langsung berkoordinasi dengan dai BMH yang ada, menetapkan nama dan membuat legalitas yayasan di notaris. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan,” imbuhnya.


Sementara itu, Ustadz Mansur selaku Dai Tangguh BMH yang diamanahi untuk mengawal berdirinya pesantren tersebut mengemukakan, dirinya merasa mendapat tantangan baru untuk menjalankan amanah yang telah diberikan. “Kami bersama tema-teman diamanahi tugas mulia ini berkewajiban untuk menjalankan sebaik mungkin, apalagi sudah ada santri yang semangatnya luar biasa, ini menjadi tantangan baru buat kami. Terimakasih kepada BMH dan seluruh donatur. Mohon doanya semoga Allah mudahkan,” ungkapnya. *bmh.or.id

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :3712018 Visitor
Hits :4334648 hits
Month :3462 Users
Today : 535 Users
Online : 23 Users




Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara








Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi