Pandu From Home SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya

Posted on: 5 September 2020

Surabaya - Mengawali pelaksanaan program PFH (Pandu From Home) yang telah diinstruksikan oleh SAKODA (Satuan Komunitas  Daerah) Hidayatullah Jawa Timur, SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya berkesempatan melaporkan kegiatan perdananya pada Jumat (4/9).



Hari Jumat kemarin tampak berbeda dan terlihat spesial bagi anak anak kelas 6 SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya. Pasalnya, hari tersebut merupakan jadwal kegiatan SAKO Hidayatullah untuk pertama kalinya setelah beberapa lama off karena efek Pandemi. Namun di masa pandemi ini kegiatan Pandu Hidayatullah dikemas dalam bentuk online lain yang unik dan menarik. PFH (Pandu From Home) itulah program yang kemarin dilakukan oleh siswa siswi SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya.


Ada suasana dan semangat baru terlihat di wajah polos para siswa. Jika hari hari biasanya mereka disibukkan dengan pembelajaran online yang cenderung membosankan. Ditambah lagi dengan antrian tugas tugas ditiap mata pejarannya. Jumat pagi yang merupakan awal pelaksanaan program PFH menjadikan hari semakin hidup dan berwarna.


Perlu kita ketahui bahwa program PFH adalah program khusus yang diberlakukan selama Pandemi bagi siswa dan siswi anggota SAKO Hidayatullah Jawa Timur. Program ini dimaksudkan agar ruh dan semangat SAKO Hidayatullah tetap bisa memberikan warna dalam aktifitas siswa selama mengikuti PBM (Proses Belajar Mengajar) online dari rumah. Secara teknisnya yaitu dengan pengamalan 5 program SAKO Hidayatullah yaitu Tarbiyah Tsaqofiyah, Tarbiyah Ruhiyah, Tarbiyah Jasadiyah, Tarbiyah Ijtimaiyah dan terakhir Tarbiyah Qiyadiyah.


Adalah Akhnaf Izza Al-Muzammil, salah satu siswa yang turut serta dalam pelaksanaan PFH ini. Siswa yang duduk di kelas 6C SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya tersebut tampak bersemangat mengikuti program PFH di rumah. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh putra pertama dari pasangan Muzammil dan Mega tersebut, seperti olah raga yang merupakan pengamalan dari Tarbiyah Jasadiyah. Mengaji Al Quran bersama adik adiknya yang merupakan bagian dari pengamalan Tarbiyah Tsaqofiyah dan Ruhiyah.


Ditambah lagi dengan aktifitas membantu orang tuanya, mulai dari membantu uminya menyiapkan dan membungkus pesanan nasi bebek. Karena memang orang tua Akhnaf mempunyai usaha warung nasi bebek yang sangat legendaris di kota Surabaya yaitu Nasi Bebek Tugu Pahlawan. Kemudian  menyapu halaman, sampai membantu mencuci piring di dapur. Tentunya semua kegiatan tersebut dilakukan dengan mengenakan seragam SAKO Hidayatullah. Sebagaimana panduan dalam mengikuti program PFH yang telah disosialisasikan dari sekolah.



Muzammil selaku orang tuanya menyambut hangat program PFH tersebut. Dirinya merasa sangat terbantu dengan program PFH yang dipraktekan oleh putranya di masa pandemi ini. Selain putranya jadi lebih bersemangat dalam beraktifitas di rumah, program PFH ini mampu membuat suasana keluarga lebih hidup. Karena seluruh anggota keluarga jadi ikut terlibat. Seperti contohnya ketika aktifitas mengaji Al Quran, adik adiknya jadi ikut mengaji juga. Otomatis orang tuanya juga ikut mengaji setelah mengabadikan momen tersebut dengan memfotonya sebagai bahan laporan ke sekolah.


Ketika anaknya mengepel dan mencuci piring di dapur juga cukup menghebohkan seluruh anggota keluarga. Karena adik adik, ibu dan neneknya juga tak mau ketinggalan minta difoto. Kegiatan yang awalnya sekedar untuk memenuhi tugas sekolah berubah menjadi sesi foto keluarga yang meriah. 


Iya Akhnaf sangat antusias dan semangat melaksanakan program ini. Mungkin karena kangen ya, soalnya sudah lama tidak mengikuti kegiatan Pandu selama pandemi. Alhamdulillah dengan adanya program PFH  ini anak saya jadi tambah ceria. Lumayan bisa menghilangkan kejenuhan selama mengikuti pembelajaran online, yang setiap hari harus menghadap hape terus. Bahkan program PFH ini juga membuat suasana keluarga jadi tambah meriah. Karena seluruh anggota keluarga ikut nimbrung ”. terangnya.


Sementara itu Hary selaku komandan SAKO yang mengajar di SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya merasa bersyukur dengan adanya program PFH tersebut. Setidaknya program ini bisa mengobati rasa rindu siswa siswinya dengan kegiatan SAKO yang selama ini off karena pandemi. Walaupun teknisnya sangat mudah tapi program PFH tersebut dinilai sangat kreatif, sesuai dengan trend yang berkembang dan mampu menjaga spirit  SAKO Hidayatullah pada diri siswa siswinya.


Alhamdulillah, saya bersyukur setidaknya rasa rindu anak didik kami sedikit terobati dengan adanya program PFH ini. Ya karena selama pandemi ini kan kegiatan SAKO off. Program ini sangat bagus, kreatif dan sesuai dengan perkembangan jaman. Walaupun mudah tapi saya melihat program PFH ini mampu menjaga spirit SAKO Hidayatullah  di pribadi setiap siswa". Ujarnya. *Mujahid Peradaban

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :3712151 Visitor
Hits :4334811 hits
Month :3460 Users
Today : 531 Users
Online : 19 Users




Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara








Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi