Satu-satunya Wakil Sekolah Islam, Juara 3 Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Surabaya 2020

Posted on: 24 July 2020


Wabah pandemi Covid-19 memberikan dampak serius pada hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Pengaruh yang ditimbulkan tidak hanya pada bidang kesehatan, namun hampir di seluruh aktivitas bidang yang ada. Salah satunya adalah dalam bidang perlombaan, kompetisi, dan kejuaraan.

Pun demikian dengan lomba pemilihan perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Sempat beberapa kali mengalami penundaan hingga penjadwalan ulang. Akhir Juli 2020 ini, babak akhir lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan Kelurahan tahun 2020 ini akhirnya terlaksana.


Baca juga: Berprestasi di Tengah Pandemi dalam Ajang International Kangaroo Mathematics Competition 2020


SD Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya sebagai satu-satunya sekolah Islam yang lolos ke babak akhir berhasil meraih nilai terbaik ke-tiga. Hasil ini didapatkan setelah melewati beberapa tahapan, bersaing dengan puluhan sekolah dari penjuru Kota Surabaya. Dengan total nilai akhir 891, SD Islam di Surabaya Timur ini ditetapkan menjadi juara 3. Hasil selengkapnya bisa dilihat pada gambar berikut.



Lomba ini sendiri merupakan agenda tahunan Dispusip Kota Surabaya yang bertujuan meningkatkan kinerja mutu, meningkatkan peran perpustakaan, dan mewujudkan budaya literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Lomba tahun 2020 ini diikuti oleh hampir seluruh perpustakaan sekolah di wilayah Kota Surabaya.


Tahapan perlombaannya yaitu, tahapan awal adalah penilaian administrasi yang dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Selanjutnya adalah penilaian visitasi untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi perpustakaan sekolah. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrument dan presentasi.


Baca juga: Tim Olimpiade Siluqim Raih Hasil Memuaskan dalam SPADA Competition XV 2020


Yang menarik, hampir tiap tahun selama mengikuti perlombaan, perpustakaan SD Luqman Al Hakim Surabaya berada dalam 3 besar terbaik. Dan menariknya lagi, merupakan satu-satunya sekolah Islam di Surabaya. Hal ini tidak terlepas dari visi dan misi sekolah yang ingin dicapai, yakni tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang ekselen, salah satunya adalah fasilitas perpustakaan yang representatif.


Semoga pencapaian ini terus bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lolos mengikuti Lomba Perpustakaan di tingkat Nasional. Aamiin. *cak rud/integral.sch.id

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :3891571 Visitor
Hits :4609407 hits
Month :3041 Users
Today : 524 Users
Online : 53 Users




Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara








Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi