Kemenag Apresiasi Kiprah Kinerja Baitul Maal Hidayatullah

Posted on: 22 October 2021

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) merupakan bagian dari organisasi massa (ormas) Hidayatullah yang bertugas mengoleksi dana masyarakat untuk kegiatan-kegiatan sosial dan dakwah. Agar menang dalam persaingan, BMH perlu berpikir ekstra, kerja keras, dan kerja cerdas. Mereka harus mampu mengeluarkan produk yang bisa memberi kepuasan kepada para donaturnya.



Kemenag NTT Apresiasi Kinerja BMH


Kiprah dan kinerja lembaga amil zakat nasional BMH Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan apresiasi dari kementerian Agama (Kemenag) NTT. Apresiasi ini tentu merupakan buah dari program dan kiprah yang telah dilakukan BMH NTT. Terhitung puluhan program berhasil digelar dengan sukses mulai pemberian bantuan korban bencana, beasiswa, sumur bor, hingga santunan pemberian sembako.


Kemenag NTT dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sie Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Drs. H. Muhammad Moa memberikan apresiasi kepada BMH. “BMH diisi tenaga muda, sehingga selalu semangat dan enerjik. Tentu ini menjadi contoh untuk lembaga-lembaga lain dalam pengelolaan dana umat ini,” terang Moa.


Baca juga: BMH Launching Rumah Quran dan Bantu Lembaga Pendidikan


Apresiasi ini disampaikan kepada BMH NTT saat menerima laporan keuangan BMH NTT Tahun 2020 dan Tahun 2021 semester pertama di kantor Kementerian Agama, di Kupang (18/10). Selain itu Muhammad Moa juga berpesan agar BMH sebagai Laznas terus menjaga performa kinerja, terutama transparansi kepaa publik dan pemerintah, sehingga kepercayaan terus meningkat.


“Insha Allah kami mendorong BMH untuk ikut terlibat langsung dalam gerakan zakat ini, dengan salah satu program unggulan dari Kemenag yakni Kampung Zakat,” tutupnya penuh semangat. Semoga apresiasi ini menambah ghirah dan spirit tim BMH dalam menebar kemanfaatan dan kebaikan untuk umat.



Kemenag Kanwil Kepri Apresiasi Kinerja BMH


Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau, mengapresiasi kinerja BMH Kepri yang dinilai telah banyak memberi manfaat kepada masyarakat khususnya di pulau-pulau. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kanwil Kemenag Kepulauan Riau, Drs. H Edi Batara, dalam sambutannya saat prosesi penyerahan surat perpanjangan izin operasional BMH Kepri yang diterima oleh Kepala Perwakilan BMH Kepri, Abdul Aziz di kantor Kemenag Provinsi Kepri di Tanjung Pinang (11/10).


Salah satu program yang mendapat perhatian dari Kemenag adalah program fasilitas air bersih berupa sumur bor dan instalasi air di pulau-pulau. “Kami berharap, BMH dapat lebih memperluas jangkauan pelayanannya kepada masyarakat agar manfaatkanya bisa dirasakan lebih luas,” lanjut Edi Batara. Edi juga mendorong BMH melakukan terobosan-terobosan dalam hal pendayagunaan seperti pemanfaaatan lahan tidur di pulau-pulau dengan bersinergi dengan para organisasi kepemudaan agar tercipta lapangan kerja.


Baca juga: STAIL Raih Dua Penghargaan dari Kopertais Wilayah IV Surabaya


Dalam catatan Kemenag Kanwil Kepri, tahun 2021, BMH Kepri menorehkan prestasi yang impresif untuk kategori lembaga Pegiat zakat di Kepri. Saat ini BMH Kepri menduduki posisi kedua terbaik di bawah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam. Raihan itu tentu tidak lepas dari pertolongan Allah Ta’ala dan ikhtiar kerja keras jajaran manajemen BMH Kepri serta dukungan para donatur dan dermawan yang memberikan kepercayaan kepada BMH untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah.


Pada penyerahan surat izin operasional yang berlaku selama 5 (lima) tahun, 2021-2026, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Drs. H Edi Batara didampingi kepala Seksi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Hj Halimah. Sementara dari manajemen BMH Kepri hadir, manajer Marketing, Sayidina, manajer Program dan Pemberdayaan, Haidir Ali dan staf Nur Hamdani.

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5209335 Visitor
Hits :6678343 hits
Month :2816 Users
Today : 136 Users
Online : 5 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi