Muslimat Hidayatullah Gelar Pelatihan Marketing Online

Posted on: 2 August 2021

Departemen Ekonomi PP Muslimat Hidayatullah menyelenggarakan acara Training Digital Marketing Pemberdayaan Ekonomi Ummahat Tingkat Nasional. Soft opening acara tersebut dilaksanakan secara virtual pada 31 Juli 2021/21 Dzulhijjah 1442 H, dan disiarkan melalui kanal YouTube Mushida Official.



Ketua Bidang Perekonomian DPP Hidayatullah, Ust. Drs. Wahyu Rahman, MM, yang membuka acara tersebut, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi terkini secara positif sebagai upaya membangun kemandirian ekomomi.


“Dalam rangka mewujudkan kemandirian jamaah, anggota dan kader, diperlukan berbagai inovasi dan mengambil bagian untuk bersama-sama mencapai satu tingkatan kemandirian pada bidang ekonomi,” kata Wahyu Rahman. Agama Islam mendorong para umatnya untuk memiliki kesejahteraan finansial. Tentunya, kata dia, finansial tersebut dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan syari’at Islam. Ia juga menuturkan pentingnya syariat Islam tentang zakat.


“Begitu pentingnya perintah zakat hingga selalu disandingkan dengan perintah shalat dalam beberapa ayat Al-Qur’an,” imbuhnya. Melalui pelatihan ini, diharapkan mampu beradaptasi dalam menggerakkan bisnis menyesuaikan dengan kondisi terkini. Ummahat saat ini diharapkan lebih lincah memanfaatkan platform digital, tambahnya menukaskan.


Sementara itu, narasumber CEO Elcorps-Elzatta Elidawati Ali Oemar, dalam materinya mengetengahkan bahwa telah menjadi fitrahnya muslimah menjalankan berbagai peran dalam kegiatan sehari-harinya. Untuk itu, meski dalam kondisi pandemi seperti ini, harus tetap produktif dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.


Baca juga: BMH Salurkan Ribuan Hewan Qurban Muslim Pedalaman Papua


Sebagaimana hadits Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” kata Elidawati, menukil sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Bos perusahaan salah satu produsen hijab terbesar di Indonesia ini juga memberikan beberapa tips untuk tetap produktif di masa pandemi. Di antaranya, maknai aktivitas sebagai amal sholeh, bukan sebagai beban, sehingga kita bisa terhindar dari stress.


Dia menerangkan, produktivitas dimulai dengan rutinitas yang baik. Ia juga mendorong peningkatkan kompetensi dengan belajar dan berinovasi. Muslimah juga, menurutnya, harus bisa berjualan untuk membantu menopang ekonomi keluarga serta menyampaikan pentingnya bersinergi dan berkolaborasi untuk menumbuhkan bisnis. “Jangan terlalu banyak membuat perencanaan dan perhitungan. Buatlah sebuah tagline yg mempengaruhi pasar agar tertarik dengan produk yang dihadirkan,” terangnya.


Pada kesempatan ini, Bapak Arief Pradetya sebagai Tribe Leader Home LTE Telkomsel, memaparkan bagaimana perkembangan kondisi digital di dunia. Menurut data, pengguna internet di Indonesia mencapai 274.9 juta. “Meningkatnya populasi ini akibat pandemi yang memaksa seseorang untuk melakukan aktvitas online, seperti e-learning, online shopping, e-healthy, dan gaya hidup digital,” ungkapnya.


Baca juga: Pemuda Hidayatullah Wujudkan Slogan Progresif Beradab


Agar sukses berjualan pada platform digital, beliau mengimbau untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis marketing dan mengikuti pelatihan digital seperti yang diadakan oleh Muslimat Hidayatullah ini.


Dengan menghadirkan narasumber praktisi dan ahli di bidangnya, kegiatan yang digelar ini menyajikan materi training seperti setting goal, medsos marketing, markatplace, copywriring, teknik closing, yang diselenggarakan sebanyak 12 kali pertemuan atau selama 3 bulan yang digelar intensif setiap Ahad melalui Zoom dan mentoring via WhatsApp grup.


Ketua Departemen Ekonomi PP Muslimat Hidayatullah (Mushida), Inna Sriwahyuni, mengatakan kegiatan yang digelar pihaknya ini tidak lepas dari ikhtiar Mushida untuk terus menumbuhkan ekosistem ekonomi komunitas berbasis digital yang mendukung setiap ummahat untuk bertumbuh dan memunculkan sisi terbaik dirinya dengan bekal pengetahuan dan skil praktis.


“Karena itu, kami selalu mendorong penguatan kolaborasi dengan berbagai individu, komunitas, organisasi, yayasan, institusi dan korporasi untuk menjembatani setiap ummahat untuk mengembangkan diri dan meluaskan kebermanfaatan,” kata Inna.*Arsyis Musyahadah

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :5170866 Visitor
Hits :6599303 hits
Month :2613 Users
Today : 160 Users
Online : 6 Users






Sekolah Tahfidz


Sekolah Para Juara






Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?

  • Noer amelia

    Noeramelia@yahoo.com

    Surabaya

    Pada 14-Sep-2018


    Assalamualaikum...untuk biaya pendaftaran th 2019 belum ada y?apakah untuk masud sdit al hakim harus sudah lancar membaca???mohon infonya dan terima kasih

  • Aisya Adhila Hania Haq

    alhaq165@gmail.com

    Surabaya

    Pada 11-Feb-2017


    Sekolah di SD Integral Luqman Al-Hakim Memberikan saya kesan yang mendalam dalam menimba ilmu, ketulusan para ustadz dan ustadzah dalam mendampingi kami dalam interaksi dengan ilmu dan budaya ilmu sungguh membuat kami percaya bahwa SD Luqman Al-Hakim memang rujukan pendidikan dasar untuk generasi islam yang lebih berakhlaq dan berprestasi