Warning: session_start(): open(/home/cakrudin/tmp/sess_vgut2gklq69ktbaulr8icevvd4, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php:3) in /home/cakrudin/integral.sch.id/ikutan/session.php on line 3
Celak dan Parfum Rasulullah

Celak dan Parfum Rasulullah

Posted on: 21 September 2020

Celak mata termasuk dalam sunnah dan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah melalui sunnah qauliah (perintah yang disampaikan secara lisan) dan sunnah fi’liah (contoh perbuatan). Termasuk sunnah yang dianjurkan secara lisan dan dicontohkan dengan perbuatan oleh Rasulullah ﷺ.



Celak Mata Rasulullah Saw


Celak mata termasuk dalam sunnah dan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah melalui sunnah qauliah (perintah yang disampaikan secara lisan) dan sunnah fi’liah (contoh perbuatan). Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Abbas, “Bercelaklah kalian dengan itsmid karena ia dapat mencerahkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata.” Ibnu Abbas juga menyakini bahwa Nabi Muhammad mempunyai tempat celak mata yang digunakan setiap malam. Tiga olesan di bagian yang satu dan tiga olesan di bagian mata yang lain.”


Ibnu Majah meriwayatkan hadis lain dari jalur Jabir bin Abdullah, “Rasulullah bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu bercelak dengan itsmid sebelum tidur. Karena ia akan menjernihkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata.” Celak mata terbuat dari sejenis batu yang telah banyak digunakan oleh masyarakat secar luas. Terkadanjg batu tersebut berwarna hitam atau sedikit kemerahan. Namun keduanya disebut itsmid.


Menurut para ulama, bercelak dengan itsmid memiki beberapa manfaat. Kumpulan manfaat ini dikupas oleh Ibnul Qayyim al-Jauziah dalam Zadul Ma’ad. Ia berkata, “Bercelak dapat menjaga kesehatan mata, menguatkan sekaligus memperjelas pandangan serta melunakkan dan mengeluarkan kotoran mata.


Ia juga berfungsi sebagai penghias dalam beberapa jenisnya. Jika digunakan saat tidur, ia akan memberikan manfaat lebih. Karena celak akan lebih merata. Kemudian juga tidak banyak Gerakan yang akan membuatnya luntur. Sehingga secara normal, ia terpapar merata ke seluruh bagian. Adapun bercelak dengan itsmid memiliki kekhususan tersendiri.


Rasulullah menganjurkan bercelak dengan jumlah ganjil. “Jika salah seorang di antara kalian bercelak, hendaknya ia bercelak dengan jumlah yang ganjil.” (HR Ahmad). Ulama menjelaskan dua cara bercelak dengan hitungan ganjil: Pertama, mengoleskan celak di mata kanan sebanyak tiga kali. Kemudian mata kiri tiga kali sehingga dengan ini hitungan ganjil dilakukan pada setiap mata.


Kedua, mengoleskan celak di mata kanan sekali, kemudian dilanjutkan ke mata kiri kali kedua. Lalu kembali ke mata kanan untuk kali ketiga. Selanjutnya mata kiri lagi untuk kali keempat dan diakhiri dengan kembali ke mata kanan pada kali kelima. Dengan cara ini, mata bagian kanan mendapat keutamaan dalam hitungan ganjil: pada awal, tengah dan akhir.


Parfum Rasulullah Saw


Rasulullah ﷺ sangat menyukai parfum. Beliau selalu membawa parfum, kemana pun pergi. Bahkan beliau punya tempat khusus untuk parfum. Demikian demikian dikatakan Ibnul Qayyim dalam Zadul Ma’ad . Soal tempat khusus, Imam Tirmidzi juga meriwayatkan, “Rasulullah ﷺ memiliki wadah khusus untuk parfum yang beliau gunakan untuk wewangian.”



Di dunia ini ada tiga hal yang amat disukai Rasulullah ﷺ. “Tiga perkara dunia yang aku sukai adalah perempuan, wewangian dan dijadikannya shalat sebagai penyejuk hatiku,” (HR: Imam Ahmad bersumber dari Anas bin Malik. Saking sukanya pada parfum, Rasulullah ﷺ tak pernah menolak pemberian minyak wangi. Anas bilang, “Nabi tidak pernah menolak (pemberian) minyak wangi.” (HR: Imam Bukhari).


Parfum adalah benda ringan dan tidak menyita banyak tempat ketika dibawa, ditambah lagi ia menyebarkan aroma harum. Karenanya, menurut Anas, hal semacam ini (parfum) tidak perlu ditolak. Abu Daud juga menceritakan satu hadits yang isinya sama dengan di atas. “Barangsiapa dihadiahi parfum, hendaknya ia tidak menolaknya. Karena ia mengandung aroma yang harum dan mudah dibawa.”


Atas hadits di atas, Imam Nawawi menjelaskan, bahwa menolak pemberian berupa parfum adalah makruh, kecuali bagi mereka yang beruzur. Misalnya, parfum tersebut justru menimbulkan penyakit atau aromanya terlalu menyengat sehingga mengganggu pernafasan. Tapi cara menolaknya harus dengan santun dan baik.


Parfum Kesukaan Rasulullah


Dalam beberapa riwayat dijelaskan, parfum yang dipilih oleh Rasulullah ﷺ adalah misk. Dalam Al-Jami’, karya Imam Tirmidzi dan beberapa imam lainnya disebutkan sebuah hadits dari Abu Said Al Khudri. Ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Parfum terbaik adalah misk.” Parfum untuk perempuan beda dengan laki-laki. Imam Tirmidzi mengatakan, “Parfum laki-laki tercium baunya dan tidak berwarna. Adapun parfum untuk perempuan berwarna dan tidak tercium baunya.”


Warna yang mencolok dianggap termasuk dalam tajammul (berhias) yang secara khusus hanya boleh dilakukan oleh perempuan. Di mana mereka biasa menghias diri dengan warna-warni yang indah dan berbagai macam pernak-pernik perhiasan. Oleh karenanya, bagi perempan, parfum yang baik adalah yang berwarna dan tidak tercium aromanya.


Jika pada suatu kondisi wanita harus keluar rumah, hendaknya ia memakai parfum yang berwarna dan tidak berbau, sehingga tidak menaik perhatian kaum laki-laki. Sebaliknya jika di rumah, dianjurkan memakai parfum yang wangi. Rasulullah ﷺ, bersumber dari Abu Hurairah, mengatakan, “Setiap perempuan yang terkena parfum, janganlah datang mengikuti shalat Isya bersama kami (laki-laki).”


*Sumber: kitab Syarah Syamail Imam Tirmidzi. Pensyarah: Syaikh Abdurazaq bin Abdil Muhsin Al-Badr

Versi cetak


Berita Terkait


Visitors :6010595 Visitor
Hits :8266872 hits
Month :6491 Users
Today : 971 Users
Online : 17 Users






Sekolah Tahfidz





Hubungi Kami

Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya, Telp. 031-5928587

Testimonials

  • Soraya Pambudi

    anggada121212@gmail.com

    Surabaya Timur Pakuwon

    Pada 23-Aug-2019


    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon informasi pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2020/2021. Mohon maaf apakah sekolah ini mempunyai program kelas internasional? Maksudnya apakah menerima siswa berwarganegaraan Asing?